Siswa SDN Dinoyo 1 membaca doa dan melakukan tabur bunga di makam pahlawan Nasional Hamid Roesdi di Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati Kota Malang, Jawa Timur 9 November 2018. Hamid Rusdi adalah pahlawan Nasional asli malang yang menciptakan bahasa walikan yang di gunakan sebagai kata sandi saat melawan Belanda dalam Agresi Militer II. Terakota.id/Aris Hidayat

Terakota.id– Memperingati Hari Pahlawan puluhan siswa ziarah makam di Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati Kota Malang. Mereka mengirim doa dan menabur bunga di atas pusara makam yang berada di lokasi tersebut. Salah satunya adalah makam pahlawan Nasional Hamid Rusdi.

Tak banyak orang yang mengenal sosok pejuang ini. Mendengar namanya mungkin iya. Tapi siapa dan dari manakah dia, tak banyak orang yang tahu. Hamid Rusdi, adalah  pejuang asal Malang yang juga merupakan pencipta basa atau bahasa walikan.

Hamid Rusdi gugur pada  1949 dan di makamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati Kota Malang yang terletak di jalan Veteran, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini