Terakota.id – Kampung Wisata Kendang Sentul, Kota Blitar, akhir pekan ini menggelar Waditra Djembe Festival. Sebuah kegiatan laksana lebaran bagi masyarakat kampung yang kesohor sebagai salah satu sentra kerajinan kayu, termasuk alat musik berbahan kayu.

Waditra Djembe Festival digelar di dalam kawasan Kampung Wisata Kendang Sentul, pada Sabtu – Minggu (25-26 Agustus 2018). Lebih tepatnya di halaman rumah almarhum Mbah Wo atau Mbah Lurah, di Jalan Sawunggaling Gang Kyai Jamal, Kelurahan Sentul, Kota Blitar.

Waditra merujuk pada sebuah istilah instrument musik tradisional yang sudah ada sejak zaman Sanskerta. Sedangkan Kampung Wisata Kendang Kempul, Kota Blitar, dikenal sebagai salah satu sentra kerajinan kerajinan kayu, termasuk memroduksi instrument musik dari kayu.

Waditra Djembe Festival layaknya perpaduan antara seni musik tradisional dan perajin alat musik. Maka, tak perlu heran jika warga setempat mengibaratkan festival tersebut sebagai lebaran mereka.

“Festival ini ibarat hari raya bagi kampung kecil kami, kampung pembuat kerajinan kayu,” kata Penggagas Kampung Kendang Sentul, Sugeng melalui siaran pers yang diterima terakota.id

Kampung Wisata Kendang Sentul sendiri berada sekitar 2 kilometer dari Makam Bung Karno. Masyarakat di kampung ini dikenal sebagai perajin sekaligus seniman Kendang Sentul. Kendang dengan berbagai varian model sampai bentuk diproduksi di kampung ini.

“Produksi Kendang Sentul dari kampung ini juga telah menembus pasar manca negara,” ujar Sugeng.

Berbagai kegiatan yang mengisi Waditra Djembe Festival ini mulai dari Bersih Desa Kampung Kendang Sentul, Lomba Painting Kendang Djembe Antar Pengrajin Kendang Sentul, Lomba Solo Djembe Player dan Grup, Lomba Pembacaan Sholawat Diba’ iyah, Blitar Fashion Carnival, Bazaar Produk Unggulan Kampung Kendang Sentul, Rampak 1000 Djembe.

Peserta dan pengunjung festival yang berasal dari luar Kota Bltar tak perlu risau soal tempat singgah. Sebab, panitia menyiapkan rumah warga sebagai tempat penginapan. Lokasi rumah – rumah itu tak jauh dari pusat kegiatan Waditra Djembe Festival.

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini