Filter Instagram yang diaplikasikan berupa topi dengan motif khas batik dari Utpala Wastra. (Foto: Spectrum).
Iklan terakota

Terakota.IDUtpala Wastra brand clothing Malang dari Soendari Batik art & Gallery mengenalkan batik melalui kampanye filter instagram di akun Utpala Wastra bertema Karismatik dengan Berbatik. Kampanye berlangsung selama sepekan pada 1-7 Juli 2023. Utpala Wastra menggandeng tim Spectrum Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang untuk berkampanye menyasar anak muda untuk turut berpartisipasi dan mencintai batik.

Campaign filter instagram dilakukan untuk mengajak kaum muda menggunakan batik di berbagai kesempatan. Mulai kuliah, belanja hingga nongkrong bersama teman-teman. “Ratusan pemilik akun instagram turut berpartisipasi menggunakan filter batik Utpala Wastra,” kata Direktur Utpala Wastra, Satrya Paramanandana dalam siaran pers yang diterima Terakota.ID.

Peserta yang mengikuti kampanye harus menggunakan filter batik yang telah disediakan Utpala Wastra kemudian memposting foto ataupun video di instagram story dengan mention @utpalawastra dan menggunakan hashtag #KarismatikDenganBerbatik #AYOPAKAIBATIKMU. Peserta juga wajib mengikuti Instagram Utpala Wastra untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai acara yang diselenggarakan.

Peserta dapat meramaikan kampanye dengan teman atau keluarga untuk mendukung penggunaan batik di berbagai kesempatan. Utpala Wastra menyediakan hadiah menarik bagi peserta yang menggunakan filter paling banyak. Kampanye ini diharapkan mematahkan stigma penggunaan batik hanya untuk acara formal.

“Filternya bagus, topi cocok untuk dipakai semua kalangan baik itu laki-laki maupun perempuan, bisa juga jadi aksesoris. Jadi batik tak hanya baju saja tapi aksesoris seperti topi juga bisa” ujarnya.

Kampanye ini turut meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Utpala Wastra sebagai brand batik lokal Malang. Juga mengenalkan keunikan dan pentingnya menjaga warisan budaya Indonesia terutama menggunakan batik di berbagai kesempatan.Utpala Wastra tengah mengembangkan tren fashion bernuansa batik yang menyasar kalangan muda.

Selama ini, batik kerap digunakan untuk kegiatan formal, seperti upacara nasional, pernikahan, dan festival budaya. Kini, seiring dengan perkembangan tren fashion dan desain, batik telah berevolusi menjadi pilihan yang lebih luas dalam berbagai situasi dan acara. Batik juga telah mengalami transformasi dan dapat diaplikasikan dalam berbagai cara yang lebih santai dan kreatif. Tujuannya untuk mendorong lebih banyak orang mengadopsi batik sebagai bagian dari gaya hidup mereka.