Undangan Menulis: Desa dan Kampung Bersejarah di Nusantara

Poster Undangan Menulis Bertema "Desa dan Kampung Bersejarah di Nusantara."

Terakota.id– Indonesia kaya akan sejarah. Setiap daerah atau wilayah bukan sekadar tumpukan rumah atau batu yang bisu. Juga bukan sebatas gugusan alam yang pasrah ketika dijarah. Tanah, gunung, bangunan, jalanan, nisan, sungai, dan apapun yang seolah terserak begitu saja, bisa jadi memendam kisah masa lampau. Mereka bisa bercerita tentang masa lalu, baik yang riang maupun yang muram. Mereka akan berbicara sepanjang kita mengajak bercakap. Tentu bercakap dalam artian metafor.

Begitu pun dengan desa dan kampung yang tersebar di seluruh nusantara. Mereka sangat mungkin mempunyai kisah dan sejarah yang menarik untuk disampaikan dan disebarluaskan. Misalnya, kampung batik di Laweyan, Kampung Paneleh di Surabaya, Desa Toyomarto Singosari Malang, dan Desa Seloliman Trawas Mojokerto. Memang telah banyak yang menulis tentang kampung atau desa bersejarah. Namun, tidak menutup kemungkinan banyak pula desa atau kampung yang luput dari bidikan para sejarawan, peneliti, ataupun jurnalis. Sehingga tidak terbaca oleh publik luas.

Karena itulah Terakota.id mengundang Anda semua untuk mengirimkan tulisan bertema “DESA DAN KAMPUNG BERSEJARAH DI NUSANTARA.” Tulisan terpilih akan dimuat di laman Terasiana, ruang yang memang kami sediakan kepada publik yang tertarik untuk menulis. Periode penulisan dengan tema ini berlaku mulai tanggal 06 Maret sampai 05 Mei 2019. Dalam jangka dua bulan ini, mari berkontribusi.

Sedangkan syarat dan ketentuannya adalah sebagai berikut:

  • Karya belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun (cetak atau digital).
  • Setelah dua minggu tidak dimuat, maka tulisan dinyatakan tidak lolos seleksi.
  • Tulisan diketik di Microsoft Word dengan font Times News Roman, sebanyak 850 – 1.500 kata dengan ketentuan spasi 1.5.
  • Bentuk tulisan bisa berupa: features, atau esai.
  • Tulisan dikirim ke surel redaksi@terakota.id dengan subjek: Tulisan Terasiana–Judul Tulisan.
  • Sertakan data diri; nama, alamat lengkap, akun media sosial, nomor rekening, foto pribadi, dan keterangan lain yang dirasa perlu (data diri diletakkan di halaman terakhir). Badan email biarkan kosong.
  • Setiap penulis yang tulisannya telah lolos redaksi dan sesuai dengan tema yang telah ditentukan akan dibukukan dan mendapatkan honorarium.
  • Semua isi materi baik berupa teks maupun foto yang dikirim adalah tanggung jawab pengirim sepenuhnya.
  • Terakota tidak bertanggung jawab atas isi dari materi.
  • Redaksi berhak menyunting materi yang dikirimkan. Penyuntingan terkait perbaikan ejaan termasuk menambahkan ilustrasi yang mendukung, tanpa mengubah isi.
  • Kami menolak memuat materi yang mengandung unsur-unsur SARA, pornografi, menganjurkan tindakan kekerasan, menyudutkan kelompok atau golongan tertentu, dan menyiarkan kebencian.

Selamat menulis dan jangan lupa jaga kesehatan.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini