Umat Muslim Indonesia di Amerika Sambut Ramadan di Tengah Pandemi

Acara berbuka puasa di Masjid Islamic Society of Greater Chattanooga, TN sebelum terjadi pandemi COVID-19 (foto: courtesy).

Terakota.id–Umat muslim di Amerika menyambut bulan suci Ramadan saat pandemi Covid-19. Berbeda dengan tahun hampir semua kegiatan di masjid selama Ramadan dihentikan. Tahun ini, aktivitas ibadah Ramadan bisa dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Masjid komunitas Muslim Indonesia, IMAAM (Indonesian Muslim Association in America) Center sebelumnya sempat menutup total masjid selama pandemi. Masjid terletak di kota Silver Spring, Maryland, tahun ini kembali dibuka untuk jamaah yang menunaikan ibadah salat lima waktu dan tarawih.

“Tahun kemarin karena kita full di rumah, jadi habis Subuh itu kita habiskan (mengaji) satu juz ramai-ramai (bersama keluarga). Ada yang ngantuk-ngantuk, bercanda, biasalah anak-anak,” ujar Imam masjid IMAAM Center Ustadz Fahmi Zubir Zakaria kepada VOA.

Masjid yang berdiri sejak 2014 ini belum berlangsung penuh. Ustadz Fahmi lebih banyak menghabiskan waktu di masjid. Mengaji bersama anak-anaknya menjelang Magrib.

“Karena kalau itu tidak kita buat, nanti anak-anak kehilangan kebiasaan, ya. Kita ingin membiasakan meskipun anak-anak setiap Ramadan (maksudnya di luar Ramadan ya) juga baca quran,” ujar Ustadz Fahmi.

Tahun ini masjid IMAAM Center menunjuk Hasanudin, yang tinggal di kota Rockville, Maryland, sebagai koordinator panitia salat tarawih. Salah satu persiapan yang dilakukannya adalah merekrut sukarelawan, baik yang berasal dari Indonesia maupun dari negara lain.

Mereka diharapkan bisa membantu kelancaran berbagai kegiatan di masjid komunitas muslim Indonesia ini. Sebanyak 20 sukarelawan mendaftar. “Kebetulan tadi saya dapat volunteer baru. Kalau enggak salah dari Ethiopia. Dia (mau) ikut berpartisipasi. Jadi, kita terima,” kata Hasanudin yang tahun ini menjalankan puasa tahun keduanya di AS.

Dalam Ramadan kali ini IMAAM Center akan menggelar berbagai kegiatan, antara lain tadarus Alquran, lomba menghafal Juz Amma, dan sesi bercerita kisah nabi untuk anak-anak dan remaja.

Sama seperti umat Islam lainnya, tahun ini adalah tahun ke-2 berpuasa pada masa pandemi COVID-19 bagi Asma, mahasiswi di Montgomerry College, Maryland. Menurutnya, menjalankan puasa sebelum pandemi di Amerika “justru lebih banyak tantangan.”

“Karena kita kan lebih banyak sama teman-teman. Tapi pas ada pandemi, justru kayak lebih enggak kerasa gitu,” kata Asma kepada VOA.

Bagi Asma, persiapan puasa tahun ini tidak akan jauh berbeda jika dibandingkan tahun lalu, mengingat berbagai kegiatan kuliah masih bisa dilakukan secara virtual dari rumah.

Menurut Islamic Society of North America, payungorganisasi Muslim di AS,Ramadan di AS dimulai pada 12 April. Itu artinya warga Muslim di sini mulai menjalankan puasa pada 13 April 2021.

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini