Tips Jauhkan Diri dari Bahaya Laten Calo Tiket Saat Liburan

tips-jauhkan-diri-dari-bahaya-laten-calo-tiket-saat-liburan
foto:@airguitarbandit

Terakota.id–Apa yang lebih menyebalkan dari jerawat yang muncul di akhir pekan? Yap, tidak salah lagi, yaitu calo tiket. Kehadiran calo dapat menyebabkan harga karcis bisa naik hingga berlipat-lipat. Yang lebih mengerikan lagi, calo tiket biasanya punya insting yang lebih tajam saat mengendus bau karcis. Sering kali mereka selangkah lebih maju untuk urusan beli tiket sehingga bikin banyak orang yang benar-benar butuh jadi kelimpungan.

Buat pecinta liburan pastinya sudah awam dalam mencari tiket, baik untuk angkutan maupun taman hiburan melalui agen penjualan online maupun online travel agent, salah satunya via Traveloka. Namun ternyata masih banyak loh yang belum memanfaatkan kemudahan ini.

Lalu gimana caranya supaya tidak terjerat jaring-jaring calo tiket? Ketahui dulu tips-tips jauhkan diri dari mereka, seperti di bawah ini.

Miliki Informasi Sebanyak Mungkin

Salah satu alasan kenapa kamu bisa jatuh ke dalam perangkap calo tiket adalah kurangnya informasi tentang destinasi liburanmu. Ketika tidak tahu harus pergi ke mana untuk dapatkan karcis, akhirnya kamu pun jatuh pada rayuan para calo. Rela keluarkan duit berlebih karena sudah menyerah dengan keadaan.

So, sebelum berangkat, pastikan untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang tujuan liburanmu. Pastikan untuk mencatat setiap loket penjualan tiket agar lebih mudah menemukannya.

tips-jauhkan-diri-dari-bahaya-laten-calo-tiket-saat-liburan
foto:@thoughtcatalog

Be Humble, Jangan Jadi Pusat Perhatian

Penampilan bisa jadi umpan pancingan yang lezat bagi ikan bernama calo tiket. Kalau kamu berdandan dengan tongkrongan berduit, tidak heran kalau para lintah darat karcis ini langsung mengerubungimu. Mungkin mereka pikir, harga tiket yang lebih mahal tidak akan jadi masalah buatmu asalkan bisa mendapatkan kursi yang nyaman.

Tetap Kalem, Jangan Panik Saat Cari Loket Karcis

Berada di terminal bus atau pelabuhan kapal laut yang baru pertama kali dikunjungi mungkin membuatmu bingung. Terutama untuk mencari loket yang menyediakan penjualan tiket angkutan. Nah, orang-orang bingung inilah yang menjadi sasaran empuk para calo. Untuk menghindari mereka, bertingkah seolah tempat tersebut tidak asing buatmu. Sebaiknya bertanya kepada satpam, petugas resmi, atau meja informasi bila kamu ingin tahu sesuatu.

tips-jauhkan-diri-dari-bahaya-laten-calo-tiket-saat-liburan
foto:@brazofuerte

Katakan “Tidak” Sejak Awal

Demi memperdaya korbannya, sering kali calo tiket menebar jala tipuan dengan hal-hal yang berbau manis. Apapun yang dikatakan oleh para calo tiket, tetaplah berjalan dan menemukan loket karcis resmi. Jangan sampai berhenti dan memberikan secercah harapan pada mereka karena sekali diberi jalan, sang calo tiket akan mengejarmu hingga dapat. Risihnya itu, lho. Apalagi kalau akhirnya tidak jadi beli dan kamu malah mendapatkan sumpah serapah.

Beli Tiket Online

Ketika zaman sudah serba digital, lucu aja kalau masih terjebak dalam rayuan calo tiket. Karcis bisa kamu dapatkan secara mudah, hanya dengan mengandalkan smartphone. Misal, tiket bus atau kereta api yang bisa dibeli via Traveloka. Lebih baik lagi, belinya tidak harus antre di depan loket penjualan karena bisa dipesan jauh-jauh hari sebelumnya.

Sebagai catatan, profesi calo tiket selamanya bakal eksis kalo masih ada yang memanfaatkannya. Agar lebih praktis, manfaatkan kemudahan di era digital ini, yang sudah banyak melayani penjualan tiket online.

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini