The Rap Up! Indonesia : Hbd Bung Karno

Terakota.idJuni diperingati sebagai bulan Pancasila. Pada 1 Juni ditetapkan sebagai hari Pancasila. Pada Juni pula Presiden pertama Indonesia lahir tepatnya pada 6 Juni 1901. Bung Karno mengembuskan nafas terakhir 21 Juni 1970 pada usia 69 tahun. Sehingga hari ini 6 Juni 2020 seluruh rakyat Indonesia memperingati  lahir Bung Karno.

Beragam cara dilakukan memperingati Bung Karno. Seperti pegiat ekonomi kreatif menyelenggarakan Sukarno Festival  secara daring. Sementara The Rap Up! Indonesia meluncurkan video rap berjudul HBD Bung Karno di akun instagramnya pukul 12.00 WIB, 6 Juni 2020.

the-rap-up-indonesia-hbd-bung-karno

“Untuk memeringati hari kelahiran Soekarno, kami memposting ulang karya kami satu tahun lalu. semoga bisa jadi inspirasi dan pengingat kita semua: Revolusimu belum selesai, indonesia!  Full video bisa di cek di youtube ya! ,” tulis The Rap Up! Indonesia.

Klip berdurasi 1 menit 15 detik ini dimulai dengan video Bung Karno berpidato kepada Rakyat Indonesia. “Mari berjalan terus, hangan berhenti. Revolusimu belum selesai. Jangan berhenti,” kata Bung Karno.

Video dilengkapi dengan video documenter aktivitas dan pidato Bung Karno  mulai masa perjuangan kemerdekaan Indonesia. Serta kolase foto Bung Karno dalam berbagai tempat dan aktivitas.

Berikut lirik lagu rap The Rap Up Indonesia :

Aku diberi amanat oleh seorag pendiri bangsa.

Bangsa yang besar mengingat pahlawannya yang berjasa.

Jangan sekali-kali kau lupakan sejarah.

Melihat masa lampaumu untuk masa depan yang terarah. 

Kusno namaku berjuang untuk bangsa merdeka. 

Bermartabat, berdikari dengan jiwa yang bertekad.

Kutulis dasar Negara lima butir kalimat.

Pancasila semoga kau masih ingat.

Perjuanganku dimulai sebagai insinyur muda.

Kubangun arsitektur gedunguntuk meggalangkan dana.

Mengumpulkan uang untuk Partai Nasional Indonesia.

Membangun fondasi Republik sebagai Presiden yang pertama.

Ku melawan Belanda, Jepang, tentara sekutu.

Namun perjuanganmu lebih berat dari perjuanganku. 

Ku melawan penjajah yang dapat diusir dari sini.

Namun, kau harus melawan bangsa saudaramu sendiri.

Video klip The Rap Up! Indonesia diakhiri dengan pidato Presiden Sukarno, “bahwa membangun suatu Negara,  Membangun ekonomi, membangun tni, membangun pertahanan, adalah pertama-tama dan tahap utamanya membangun jiwa bangsa.”

Video tersebut telah dilihat 11.285 orang. The Rap Up! Indonesia terbentuk setahun lalu. Lirik ditulis oleh Host The Rap Up! Indonesia, Willy Winarko. Lirik mengangkat realitas sosial di sekotar kita. Mengamati dan menyampaikan fenomena yang terjadi dan ramai diperbincangkan. Termasuk melongok yang marak di media sosial.

The Rap Up! Indonesia dikenal publik melalui lagu Indonesia terserah dua pekan lalu. Video tersebut di youtube telah dilihat sebanyak 331 ribu orang. Belum lagi banyak yang mengunduh dan membagikan ulang di media sosial.

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini