Svarayatra Bincang Musik, Belajar Budaya dan Musik India

Terakota.id—Musik merupakan bahasa universal bisa melintasi ruang  dan waktu.  Terakota.id berkomitmen merawat tradisi, menebar inspirasi menghadirkan “Svarayatra Bincang Musik”, di Wisma Kalimetro Jalan Joyosuko Metro 42, Merjosari, Kota Malang. Pada pukul 10.00 WIB, Rabu, 1 November 2017.  Svayatra merupakan bahasa Sanskrit artinya pencarian suara secara alami. Log Sanskrit tengah melakukan perjalanan dan mampir ke Kota Malang.

Svarayatra Bincang musik menjadi ruang belajar terutama kebudayaan India. Log Sanskrit akan membincangkan musiknya.  Yuk, ajak teman dan keluarga Anda untuk menghadiri Bincang Musik. Kita bakal berbincang dan mendiskusikan berbagai hal mengenai musik dan budaya India.

Log sanskrit didirikan Asrie Tresnady seorang pegiat seni budaya dan ahli sitar. Digagas pada medio 2009 di kota Vadodara, India, memakai media jurnal dan blog yang menjadi ruang diskusi berpikir dalam pemikiran baru dunia indologi lintas profesi di berbagai belahan dunia. Menjadi ajang refleksi ruang kesederhanaan berpikir manusia dalam menyerap ilmu.

Pada 1 Desember 2015, Log Sanskrit mendirikan ashram kecil di kota Yogyakarta. Ruangan dan lahan disumbang oleh seniman Yogyakarta Samuel Indratma dan seluruh pegiat seni budaya di indonesia.

Menurut Asrie Tresnady, ashram ini diproyeksikan menjadi salah satu ruang untuk kontribusi bagi masyarakat luas secara konkret. Melalui berbagai program dan aktivitas. Log sanskrit berperan sebagai modul pergerakan. Metode belajar di Log sanskrit adalah adopsi dari Guru-Shisya atau “parampara”. Dalam khasanah Nusantara, khususnya Jawa juga dikenal sebagai nyantrik yang menitikberatkan pada hubungan spiritual, emosional dan pendampingan. Sebuah ajaran atau gagasan ditransmisikan dari seorang guru “guru” (bahasa Sanskerta: गुरु) ke muridnya atau “śiṣya” (bahasa Sanskerta: शिष्य).

Pengetahuan seperti itu diberikan melalui hubungan yang berkembang antara guru dan murid. Hubungan yang dibangun berdasarkan keaslian guru dan rasa hormat, komitmen bersama, serta ketaatan siswa, Merupakan cara terbaik untuk pengetahuan lebih dalam atau lanjutan yang akan disampaikan. Sesuai dengan kemampuannya, siswa akhirnya menguasai pengetahuan yang diajarkan guru dengan utuh atau holistik.

 

Tinggalkan Pesan