Srawung Kampung-Kota: Mantra Kampung-Kota Melawan Pandemi   

Terakota.id-Memotret dan menghadirkan narasi keseharian kampung dalam beragam dimensi. Dalam bentuk fisik maupun non fisik. Sebagai upaya menempatkan kampung menjadi bagian dari kota. Srawung Kampung-Kota #3 bertema Mantra Kampung-Kota Melawan Pandemi diselenggarakan secara virtual 1-2 September 2021.

Eksistensi kota yang tumbuh dan membentuk sejarah kota-kota modern di nusantara tak bisa dilepaskan dari penggalan sejarah sosial budaya masyarakat yang membentuk kota dan kini menghuni kampung-kampung perkotaan. Kampungnesia adalah anak-anak muda yang belajar mendokumentasikan kampung-kampung yang ditinggali.

Semua proses dokumentasi tersebut kami distribusikan dalam beragam bentuk. Dengan kepentingan sederhana,  kota harus tumbuh dengan bekal pengetahuan warga tentang kota maupun kampung dimana mereka tinggal, tumbuh, bekerja dan berhubungan antar sesama.

Sebuah kolaborasi Kampungnesia dengan Prodi Sosiologi FISIP UNS dan Rujak Center for Urban Studies. Rekaman publikasi yang  dihasilkan kemudian dirilis dalam buku Srawung Kampung-Kota: Konstestasi Kampung Diriuhnya Perubahan Kota.

Menghadirkan rangkaian agenda obrolan, diskusi, workshop, pertunjukan maupun panel presentasi dari teman dengan beragam kota, latar belakang maupun isu terkait kampung-kota. Harapannya sederhana, yaitu momen berbagi pengetahuan baru terkait beragam narasi kampung-kota dari berbagai tempat sekaligus meluasnya jejaring pengetahuan sebagai basis perubahan kampung-kota ke depan.

Mengundang teman-teman semua pihak, mahasiswa/akademikus/pegiat-seni/seniman pemerhati/pelaku/pegiat/peneliti/multidisiplin-pengetahuan berbagi bentuk pengalaman berada di kampung. Menjadi bagian dari kampung maupun mendampingi kampung kota yang ada di seluruh nusantara. Mari bergabung, berbagi dan saling menguatkan kampung-kota.

Rangkaian Srawung Kampung-Kota #3 (1-2/September 2021) 

Sesi 1  (01/09/2021 | 10.00 WIB)
Bakti Setiawan (Universitas Gadjah Mada) & Purnawan Basundoro (Universitas Airlangga).

Sesi 2 (01/09/2021 | 11.00 WIB)
Dian Tri Irawaty (University of California), Erwin Nugraha (University of Twente) &
Agung Wibowo (La Rochelle Universite).

Sesi 3 (01/09/2021 | 19.00 WIB)
Wahyudi Anggoro Hadi (Lurah Panggungharjo), Budi Utomo (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) & Redy Eko Prastyo (Jaringan Kampung Nusantara).

Sesi 4 (01/09/2021 | 20.00 WIB)
Dharwis Khudori (Universite Le Havre Nirmandie), Melani Budianta (Universitas Indonesia) & Peri Sandi Huizche X Menyulam Malam.

Sesi 5 (02/09/ 2021 | 10.00 WIB)
Andi Setiawan (Lab Desain Sosial), Adin (Kolektif Hysteria) &
Akhmad Ramdhon X Kampung Kota Inisiatif

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini