Seru, Susur Sungai dengan Perahu Motor di Wisata Air Bong Kalianyar Bangil

Cukup membayar tiket seharga Rp.5000 dengan rute Manaruwi dan Rp.20.000 untuk rute yang lebih jauh, sampai Tlocor. (Foto : Anis Hidayatie).

Terakota.idBerlibur menyusuri sungai sembari menikmati pemandangan kawasan pesisir nan elok? Tak ada salahnya menjajal naik perahu dari dermaga Bong Kalianyar, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan melaju sampai Desa Manaruwi yang ditandai dengan jembatan. Perahu motor memiliki jalur cukup panjang. Sepanjang perjalanan, mata akan dimanjakan aneka pemandangan indah.

Melintasi area tanaman dan pemandangan khas tepi sungai. Mulai tanaman pisang hingga Tabebuya dengan bunga merah merona. Tabebuya hanya berbunga pada pengujung tahun, yakni November dan Desember. Pemandangan indah ini bisa dilihat saat susur sungai berperahu dari Kalianyar menuju Manaruwi.

Cukup membayar tiket seharga Rp.5000 Anda bisa naik perahu menuju Manaruwi dan Rp.20.000 untuk rute yang lebih jauh, sampai Tlocor. Sebuah kawasan pesisir yang masuk Kecamatan Gempol. “Lumayan panjang rutenya, puas rasanya bisa naik perahu minggu ini,” tutur Novie asal Surabaya.

Pengalaman langka naik perahi di sungai menuju pesisir, Wisata Air Bong Kalianyar Bangil layak dicoba. (Foto : Anis Hidayatie).

Novie datang dengan anaknya, Hikaru. Tiket juga bersahabat, tidak membikin kantong jebol. Puas naik perahu, ada dua kafe yang siap melayani pengunjung. Menyajikan aneka masakan serba ikan antara lain ikan Patin, Sembilang dan Mujaer. Ikan yang disajikan dibakar atau goreng ini makin nikmat ditemani sambel uleg khas Kalianyar. Sembari minum aneka es atau cukup air mineral.

Ketua Karang Taruna setempat, Sugianto memastikan semua masakan disajikan secara higienis. Juga semua masakan halal. “Sudah menjadi komitmen kami untuk hanya menyediakan makanan dan minuman yang halal saja,” kata Sugianto.

Anda juga bisa menikmati pemandangan alam, hamparan pesisir dan sungai di sini. (Foto : Anis Hidayatie).

Sungai lebar, air yang bersih dan jernih selalu menawan dan menarik perhatian pengunjung. Wisatawan bisa berswafoto dan mengambil objek foto di sini. Sejumlah gazebo tersedia untuk meregangkan kaki. Berselonjor dan menikmati semilir angin. Sejuk. Sembari menikmati pemandangan sungai di tempat wisata itu.

Bong Kalianyar, merupakan salah satu pilihan tempat asyik untuk menghabiskan liburan. Sensasi naik perahu bagi sebagian orang, seperti saya sebuah pengalaman langka. Tidak pernah terjadi jika tak menyempatkan diri sengaja menjajal moda transportasi air ini. Cuaca cerah dan alam yang bersahabat semakin memikat hati untuk berwisata di Bong Kalianyar.

 

1 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini