Seperti Apa Bangunan Heritage 50 Tahun Lagi?

Terakota.id–Menurut saya ini mesti menjadi salah satu bangunan heritage di Malang 50 tahun lagi. Bukan semata-mata karena kecantikan bentuknya, tapi karena kesinambungan antara tampilan, fungsi, dan interaksinya dengan kondisi sekitar.

Dua lebaran yang lalu, bangunan ini belum ada. Yang ada adalah sebuah gerai pamer baju sederhana, berbentuk petak seperti ini tapi nyaris semuanya tembok. Yang membuatnya tampak seperti toko adalah adanya orang yang berbaris mengantre memasuki toko kecil itu. Banyaknya motor yang terparkir di depan (dan menjadi penghidupan anak-anak muda kampungnya) dan adanya orang-orang yang menyeberang di jalan tanjakan yang tidak terlalu lebar ini.

Tokonya sangat laris dan kebanyakan pelanggannya kalo saya lihat sih remaja atau young adult lah. Tapi tampak jelas waktu itu butuh pengaturan urusan parkir dan menyeberang dan akomodasi pengunjung.

Setahun lalu kalau tidak salah, terjadi pemugaran besar. Bangunan diruntuhkan, lahan dikeruk, dan pembangunan dimulai dari awal. Selama beberapa waktu tidak ada lagi orang antre, motor parkir, dan remaja menyeberang. Sepertinya toko pindah sementara selama itu (ke Joyo Grand?). Dan akhirnya, muncullah bangunan bergaya minimalis dengan elemen jendela bolong bundar ala arsitektur jengki ini.

Temboknya yang kini berganti kaca di tiga bidang menjadikannya ruang pamer yang sempurna–bahkan orang lewat pun bisa tergoda tampilan sekilasnya. Atapnya? Nyaris datar dengan spandek anggun warna putih. Tidak ada lagi kearifan lokal atap Limas yang mungkin memang sudah tidak lagi wajib di zaman AC ini.

Dan, yang tak kalah pentingnya: di lantai bawah (basement?) Sekarang ada ruang parkir yang lapang dengan dinding grill angin-angin beton yang kekinian seperti rumah pasangan muda sukses di akun-akun Instagram yang populer. Tidak ada lagi masalah parkir dan menyeberang di tanjakan sempit.

Verdict: dengan ini semua, layaklah bangunan ini dijadikan memori bersama dan 50 tahun lagi jadi bangunan heritage.

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini