Sensasi Petik Apel dan Belajar Berkebun di Kota Batu

Apel segar, langsung dipetik di kebun menjadi sensasi tersendiri berwisata di Kota Batu. (Terakota/Zainul Arifin)

Terakota.id—Tertarik menikmati udara segar, pemandangan indah pegunungan sembari memetik apel langsung dari pohonnya. Kita bisa makan buah kaya serat ini sepuasnya, sekaligus meneguk suguhan sari apel. Sensasi itu bisa didapat saat berkunjung ke perkebunan apel di Kota Batu.

Apel merupakan salah satu jenis tanaman buah yang banyak dibudidayakan di Kota Batu, khususnya di Bumiaji. Kebun tak lagi hanya jadi tempat budidaya apel. Sebab para petani mengemas perkebunan apel sebagai tempat wisata.

Sebagian besar wisata petik apel di Kota Batu dikelola kelompok tani. Tidak hanya itu, beragam camilan dan minuman olahan berbahan baku apel turut dihasilkan. Cocok dipilih bersama keluarga maupun teman kerja di akhir pekan.

Batu terletak di antara lereng Gunung Panderman, Gunung Arjuna dan Welirang ini memiliki banyak paket wisata petik apel. Menjadi tujuan apik untuk berlibur sekaligus mendapat pengetahuan baru. Ada dua tempat wisata petik apel yang ramai disinggahi wisatawan tiap akhir pekan.

Wisatawan menikmati pemandangan alam, udara sejuk dan buah kaya serat langsung di kebun. (Terakota/Zainul Arifin),

Dua kebun wisata itu adalah, Wisata Petik Apel Makmur Abadi dan Wisata Petik Apel Mandiri. Keduanya termasuk dalam peta wisata favorit di Kota Batu. Anda tak perlu khawatir kehabisan apel di dua lokasi itu. Sebab pengelola wisata saling mengarahkan jika produksi apel di tempat mereka sedang tak banyak.

Jadi, jika berkunjung ke Kota Batu belum lengkap rasanya jika tak menikmati perkebunan apel. Berikut kedua lokasi wisata petik apel tersebut.

Wisata Petik Apel Makmur Abadi

Wisata petik apel ini dikelola oleh Kelompok Tani Makmur Abadi. Lokasi kebun wisata terletak di Jalan Pangeran Diponegoro nomor 24 Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu. Tiap pengunjung cukup merogoh duit sebesar Rp 25 ribu sebagai tiket masuk ke kebun.

Di dalam kebun, kita bisa memilih sendiri apel yang hendak dipetik. Sekaligus makan buah renyah  ini sepuasnya dan meneguk sari apel untuk menghilangkan dahaga. Panorama indah, udara sejuk menjadi tempat asyik untuk ber-swafoto beramai-ramai di antara rimbun pepohonan apel.

Wisatawan cukup membayar Rp 25 ribu untuk menikmati sensasi petik apel di Batu. (Terakota/Zainul Arifin).

Kita juga bisa mencoba jadi petani apel. Jika ingin belajar tentang jenis apel maupun budidaya tanamannya, dijamin akan dapat pengetahuannya dari pemandu di kebun. Tapi sebelum berangkat, lebih baik reservasi dulu ke pengelola wisata petik apel ini.

Sebab Wisata Petik Apel Makmur Abadi termasuk salah satu wisata petik apel yang ramai dikunjungi wisatawan. Mengutip data Kota Batu Dalam Angka 2017 milik Badan Pusat Statistik (BPS), rata – rata kunjungan wisatawan bisa mencapai 2 ribu – 6 ribu pengunjung setiap bulan.

Wisata Petik Apel Mandiri

Kebun wisata petik apel ini berada di Jalan Raya Junggo 33, Tulungrejo, Bumiaji. Cukup mengeluarkan duit sebesar Rp 25 ribu, kita bisa makan apel sepuasnya di tempat ini. Suguhan minuman sari apel jadi penyambut saat kaki kita menjejak di kebun ini.

Beberapa jenis apel yang dibudidayakan di perkebunan Wisata Petik Apel Mandiri meliputi apel ana, apel manalagi, apel room beauty dan apel grendsmitd. Jika ingin tahu perbedaan jenis apel itu, pengelola wisata dengan senang hati menjelaskannya. Kalau ingin membawa pulang buah apel itu, tentu harus mengeluarkan uang tambahan.

Data Kota Batu Dalam Angka 2017 milik Badan Pusat Statistik (BPS), angka kunjungan wisatawan di Wisata Petik Apel Mandiri rata – rata sebanyak 200 orang sampai 1.000 orang tiap bulannya.

Liburan murah sekaligus memberikan pengalaman baru yang mengesankan. Jadi, pelesir di Kota Batu tidak hanya melulu bermain di obyek wisata buatan maupun ke wisata alam. Wisata minat khusus seperti petik apel ini jadi penegas jika kita sudah bertandang ke kota apel, Kota Batu.

Tertarik berkunjung ke Batu dan memetik apel?  Silahkan menghubungi  Terakota Enterprise narahubung nomor Yogi Fachri telepon : 082334244777, surat elektronik  : bisnis@terakota.id

1 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini