Seniman Serba Bisa Kota Malang Cak Kandar Berpulang

Terakota.id—Innalillahi wa innailahi rojiun, telah berpulang seniman bernama lengkap Drs. Soekandar. Mendiang merupakan seniman serba bisa. Dikenal sebagai perupa, dan pemusik dengan media daun. Seniman yang akrab disapa Cak Kandar merupakan lulusan Seni Rupa Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Malang (Sekarang Universitas Negeri Malang).

Sebuah pesan disampaikan seniman Mbah Yongki Irawan melalui aplikasi perpesanan. “Assalamu’alaikum Wr. Wb. Innalillahi wa innalillahi rojiun telah berpulang ke rahmatullah pada hari Minggu, 7 Maret 2021 pada pukul  14.10 WIB di RS UMM Kota Malang. SUKANDAR umur 72 tahun alamat : Jl. Danau Belayan C5B/4 RT08/RW08,” tulis Yongki.

Rencananya jenazah akan dimakamkan di TPU Lesanpuro. Cak Kandar merupakan pensiun guru kesenian di SMA Negeri 1 Tumpang, Kabupaten Malang. Cak Kandar juga dikenal sebagai seniman batik atau dress painting bermerek Erwe Woles.

Seniman serba bisa Soekandar alias Cak Kandar tengah memperagakan dress painting langsung di kain yang dikenakan model. (Foto : dokumen pribadi).

Ayah tiga anak ini selalu bernampilan unik rambut dicat warna cerah dan memainkan selembar daun menjadi instrumen musik. Beragam lagu dinyanyikan dengan instrumen daun tersebut. Terutama lagu barat kategori everlasting atau abadi.  Bahkan, ia kerap menyapa warga Malang dengan bahasa Inggris.

Dengan instrumen daun ini ia mampu menirukan suara terompet dan seruling. Ia kerap mengamen dan mengekspresikan karya bermusik dengan berkeliling Kota Malang.

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini