Sendra Tari Topeng Malang : Panji Mbangun Candi

Terakota.id–Sebuah pagelaran sendra tari Topeng Malangan digelar di area Sengaling Kuliner, Taman Sengkaling UMM-The Legends Park. Pagelaran perdana dimulai di Open Teater Sekul, Sabtu, 31 Maret 2018 pukul 19.00.

Pagelaran sendra tari topeng Malangan dengan lakon Panji Mbangun Candi ini dipersembahkan para seniman dari Sanggar Kayu Tangan. Direktur Taman Sengkaling UMM Nazaruddin Malik menuturkan sendra tari ini dipersembahkan untuk mengobati kerinduan warga Malang atas sendra tari topeng Malang.

Sebuah seni budaya yang adiluhung. Pertunjukan tradisional khas Malang ini akan menyajikan lakon serial Panji Asmoro Bangun dengan latar Kerajaan Jenggala. Cerita Panji diadopsi dalam beragam bentuk karya seni di nusantara sampai Indo Cina.

Cerita Panji mewarnai seni tari, dan wayang yang sering mengangkat epos Ramayana dan Mahabarata dari India. “Beberapa dekade ini belum tersedia wadah secara rutin untuk menampilkan sendra tari topeng Malangan,” kata Nazaruddin.

Untuk itu, Taman Sengkaling UMM menyediakan ruang bagi seniman untuk berkesenian. Mempersembahkan kesenian tradisional untuk wisatawan sekaligus melestarikan budaya yang memiliki kekuatan kearifan lokal.

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini