Senam Cuci Tangan dan Teatrikal Pertolongan Pertama Membuka TKR dan Jumbara PMI Kabupaten Malang

Senam mencuci tangan menjadi pembuka Temu Karya Relawan (TKR) dan Jumpa Gembira Palang Merah (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Kabupaten Malang Ahad, 25 Juni 2023. (Terakota/ Eko Widianto).
Iklan terakota

Terakota.IDSenam mencuci tangan menjadi pembuka Temu Karya Relawan (TKR) dan Jumpa Gembira Palang Merah (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Kabupaten Malang Ahad, 25 Juni 2023. Sebanyak 1.160 peserta TKR dan Jumbara Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang mengikuti senam cuci tangan yang dipandu siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pandansari, Ngantang, Kabupaten Malang.

Gerakan senam diiringi lagu, turut menyemarakkan pembukaan TKR dan Jumbara PMI Kabupaten Malang di Waduk Selorejo, Ngantang, Kabupaten Malang. Senam mencuci tangan menjadi bagian kampanye hidup sehat anggota PMR Mula tingkat Sekolah Dasar. “Mari mencuci tangan yang terbukti efektif mencegah penularan Covid-19,” kata narator senam cuci tangan.

Selain senam, SDN Pandansari juga menggelar drama musikal pertolongan pertama yang mengisahkan PMR Mula  yang menolong temannya yang terluka setelah terjatuh saat sepak bola. Anggota PMR Mula cekatan mengevakuasi dan merawat luka ringan yang dialami temannya.

Senam mencuci tangan menjadi pembuka Temu Karya Relawan (TKR) dan Jumpa Gembira Palang Merah (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Kabupaten Malang Ahad, 25 Juni 2023. (Terakota/ Eko Widianto).

Ketua PMI Kabupaten Malang Jajuk Rendra Kresna menyampaikan peserta Jumbara terdiri atas PMR Mula tingkat SD, PMR Madya tingkat SMP dan PMR Wira tingkat SMA. Terdiri atas sekolah di 34 kch di Kabupaten Malang. Peserta akan mengikuti latihan terpadu penanganan bencana alam, dan pertolongan dan lokakarya sesuai tingkatan.

“Peserta juga menanam pohon sebagai bagian dari bakti lingkungan, permainan tradisional. Serta seminar kepalangmerahan, lokakarya program kerja, dan kewirausahaan,” kata Jajuk.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Malang Wahyu Hidayat membuka Jumbara dan TKR. Wahyu menyampaikan kekagumannya atas antu sias dan semangat PMR dan PMI. “Sekaligus berperan dalam pemberdayaan masyarakat dan bencana. Semoga melanjutkan kebersamaan dan manfaat bagi orang lain,” ujar Wahyu.

TKR dan Jumbara PMI Kabupaten Malang sejaligus menadai bahan evaluasi pembinaan dan mempertemuukan pembinaan yang dilaksanakan PMI. Wahyu juga mendukung pelayanan dan kerja organisasi. Wahyu berharap kegiatan berlangsung lancar, dan semakin memperkuat.

Pembukaan juga dimeriahkan defile yang menunjukkan idetintas budaya setempat. Mulai tarian tradisional, hingga kisah masyarakat lokal. Jumbara dan TKR diselenggarakan untuk meningkatkan keterampilan dalam pertolongan dan mengembangkan persahabatan antar relawan.

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini