Seminar Daring “Kurasi menjadi Karya“Kolaborasi GLAM

seminar-daring-kurasi-menjadi-karyakolaborasi-glam

Terakota.idGoethe-Institut Indonesien menyelenggarakan seminar daring bertajuk “Kurasi menjadi Karya“ untuk mengeksplorasi memanfaatkan buku fiksi dan non-fiksi untuk mengomunikasikan koleksi budaya milik institusi GLAM (galeri, perpustakaan, arsip, museum) kepada publik. Seminar daring dilangsungka Jumat, 17 Juli 2020, pukul 15:00-16:30 WIB.  Disiarkan secara langsung di kanal YouTube, Facebook, dan Twitter Goethe-Institut Indonesien.

Seminar daring dipersiapkan untuk Retas Budaya, sebuah program yang mempertemukan institusi GLAM dengan pelaku industri kreatif dan pegiat teknologi untuk menghasilkan kolaborasi dan inovasi dari data budaya terbuka. Festival kreator yang dilangsungkan November mendatang bakal menjadi puncak acara Retas Budaya.

Festival  mengajak publik mengubah data budaya menjadi cerita, games, ataupun karya seni. Seminar daring “Kurasi menjadi Karya“ menghadirkan, Paulus Eko Nugroho, Dion Rahman, dan Farah Rizki dari Elex Media Komputindo yang berbagi pengalaman menjadikan buku sebagai alat untuk menyampaikan kisah fiksi dan non-fiksi. Dalam mengomunikasikan aset koleksi budaya institusi GLAM secara lebih luas.

Ketiganya bakal menjelaskan bagaimana koleksi museum ataupun galeri seni bisa dituangkan dalam kisah fiksi ataupun tulisan non-fiksi. Apa saja yang harus diperhatikan ketika menyusun penulisan, serta seperti seluk-beluk penerbitan buku.

Buku bisa menjadi jendela yang membuka imajinasi pembacanya melihat koleksi galeri, perpustakaan, pameran seni, museum, dan badan arsip dengan cara yang menyenangkan. Seluk-beluk Sistine Chapel dideskripsikan secara detail dalam novel Dan Brown atau perjalanan perjuangan Pangeran Diponegoro dalam buku sejarah sekolah dasar yang dijabarkan dengan jelas. Dengan kolaborasi yang tepat, buku bisa menjadi saluran distribusi informasi, promosi, dan monetisasi baru bagi institusi GLAM.

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini