Sebanyak 76 Perjalanan Kereta Layani Libur Nataru di Daop 8 Surabaya

Libur panjang, jumlah penumpang kereta melonjak dibanding penumpang di hari saat pandemi Covid-19. (Foto : PT KAI Daop Surabaya).

Terakota.idSelama libur Natal dan Tahun Baru 2021, PT Kereta Api Daerah Operasional 8 Surabaya mengoperasikan 30 perjalanan kereta api jarak menengah/ jauh dan 46 perjalanan kereta Lokal. Rute tujuan utama selama masa libur Natal dan Tahun Baru Jakarta, Bandung dan Banyuwangi menjadi utama penumpang.

Pada masa angkutan Natal dan tahun Baru 2021 tercatat volume keberangkatan penumpang tertinggi akan terjadi pada 23 Desember 2020. Jumlah penumpang yang naik dari Daop 8 Surabaya mencapai  18 ribu orang per hari. Sedangkan rata-rata jumlah rata penumpang di Daop 8 Surabaya berjumlah 15 ribu penumpang per hari.

Para penumpang wajib melakukan uji cepat atau rapid test antigen untuk mencegah penularan Covid-19.  Surat keterangan rapid test antigen paling lambat tiga hari sebelum keberangkatan. Kementerian Perhubungan memberlakukan rapid test antigen sebagai syarat perjalanan kereta api untuk periode 22 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

Sesuai Surat Edaran Nomor 23 Tahun 2020 mengenai  Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Corona Virus Desease (Covid-19).

PT KAI Daop 8 Surabaya menyediakan layanan rapid test antigen sejak Selasa 22 Desember 2020 di Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Sidoarjo dan Stasiun Malang. Biaya rapid test antigen sebesar Rp 105 ribu. Seluruh calon penumpang diimbau melakukan tes paling sehari sebelum keberangkatan.

PT KAI Daop 8 Surabaya mengerahkan tenaga keamanan sebanyak 727 personil. untuk menjaga angkutan Natal dan tahun Baru. (Foto : PT KAI Daop 8 Surabaya).

“Anak usia 12 tahun kebawah tidak diwajibkan,” kata juru bicara PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto melalui keterangan tertulis yang diterima Terakota.id. Penumpang juga akan menjalani pemeriksaan kondisi kesehatan. Tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare dan demam dengan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius.

Selain itu, penumpang wajib mengenakan masker untuk menutup hidung dan mulut, juga face shield dari stasiun keberangkatan, dalam perjalanan sampai stasiun tujuan. Menggunakan pakaian pelindung seperti jaket atau lengan panjang.

KAI memberikan kebijakan penumpang bisa membatalkan dan mengubah jadwal dengan tenggang waktu tiga bulan dan tidak dikenakan bea. Dengan Kemudahan ini, pelanggan tidak perlu takut tiket hangus dalam waktu dekat. Karena masih bisa diubah jadwal atau dibatalkan sampai tiga bulan setelah keberangkatan.

Jika dalam jangka paling lambat tiga bulan dari tanggal yang tertera pada tiket, calon penumpang tidak memilih alternatif yang diberikan, tiket dinyatakan tidak berlaku dan tidak dapat ditukarkan kembali.

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini