Saling Silang Musik Tradisi Warnai Peluncuran Terakota

Kelompok musik Bam Bam Boe saat mengisi acara peluncuran Terakota (Aris Hidayat/Terakota)

Terakota.id—Saling silang bunyi menandai diluncurkan portal www.terakota.id yang terfokus menyajikan informasi sejarah, wisata, seni dan budaya. Perpaduan instrumen asal Sunda seperti karinding, celempung dan seruling dengan didgeridoo asal Australia dan sepak alat musik petik khas Dayak.

Suara yang dihasilkan setiap instrumen membentuk harmoni indah. Alunan perpaduan instrumen musik mengalun indah dari Gazebo Wisma Kali Metro, Merjosari Kota Malang, Selasa 13 Desember 2016. Para seniman duduk bersimpuh, meriung sambil memainkan masing-masing alat musik.

Masyarakat, seniman dan akademisi hadir dalam peluncuran terakota.id yang disajikan secara sederhana. Instrumen dimainkan kelompok musik Bam Bam Boe yang berkolaborasi dengan penggagas Festival Dawai Nusantara Redy Eko Prasetyo.

Saling silang bunyi berjudul ‘langit biru’ dan ‘dapur kita’ menggugah kecintaan kita terhadap musik tradisi. Seluruh instrumen Bam Bam Boe diproduksi sendiri. “Instrumentalia langit biru diciptakan di kawasan Gunung Panderman,” kata pemain karinding Ayom.

Sedangkan instrumentalia berjudul ‘dapur kita’ karena menggunakan instrumen yang terbuat dari sampah dapur. Mereka merangkai bolpoin bekas dan plastik menjadi sebuah instrumen tiup, menghasilkan suara yang indah.

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini