Rochimawati Menahkodai Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia

rochimawati-menahkodai-masyarakat-jurnalis-lingkungan-indonesia
Jurnalis viva.co.id, Rochimawati sebagai Ketua Umum dan jurnalis CNN Indonesia Televisi, Joni Aswira sebagai Sekretaris Jenderal SIEJ Indonesia menyampaikan visi dan misi di depan peserta RUA SIEJ Indonesia. (Foto : dokumen SIEJ).

Terakota.idThe Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) atau Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia memilih pasangan nahkoda baru dalam Rapat Umum Anggota (RUA), Ahad 1 Desember 2019. Terpilih jurnalis viva.co.id, Rochimawati sebagai Ketua Umum dan jurnalis CNN Indonesia Televisi, Joni Aswira sebagai Sekretaris Jenderal SIEJ Indonesia.

Mereka akan mengemban amanah selama tiga tahun, periode 2019-2022. Keduanya menggantikan Direktur Eksekutif SIEJ Indonesia, jurnalis CNN Indonesia Aditya Heru Wardhana dan Sekretaris Jenderal Jekson Simanjuntak. Mekanisme pemilihan tergolong unik lantaran dilakuan dengan sistem e-vote atau pemilihan elektronik.

Dari total 269 jurnalis anggota SIEJ di seluruh nusantara, sebanyak dengan 105 jurnalis yang menyalurkan hak suaranya secara daring. Pemimpin sidang RUA SIEJ, Ika Ningtyas mengatakan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga memberikan hak satu orang satu suara.

E-vote SIEJ dicatat sejarah. Menjadi model pemilihan secara daring pertama yang dilakukan organisasi jurnalis lingkungan di Indonesia,” katanya.

RUA, katanya, merupakan salah satu agenda tiga tahunan sebagai forum tertinggi SIEJ. Sedangkan sebanyak 20 an anggota SIEJ hadir secara fisik dalam RUA yang diselenggarakan di Jakarta. Sedangkan 20-an perwakilan simpul mengikuti proses RUA secara daring melalui aplikasi rapat daring.

Proses RUA dilangsungkan sederhana untuk menjaga marwah jurnalis yang peduli dengan isu lingkungan. Memanfaatkan teknologi komunikasi dalam RUA, dilakukan untuk memaksimalkan proses regenerasi organisasi dan memperkuat komunikasi dengan koordinator simpul di daerah.

Ketua Umum SIEJ terpilih  Rochimawati mengucap syukur RUA berlangsung lancar, dan dirinya diberi amanah menahkodai SIEJ. Tahap awal, dia mengaku akan meningkatkan konsolidasi dan komunikasi dengan anggota SIEJ di 25 simpul di seluruh Indonesia . Serta meningkatkan kapasitas anggota dalam peliputan isu lingkungan hidup.

“Kami akan berupaya meningkatan jejaring dengan berbagai lembaga yang sejalan dengan cita-cita SIEJ,” katanya. Dukungan anggota SIEJ adalah amanat, katanya, yang akan diemban dengan penuh tanggungjawab.  Untuk itu ia berharap dukungan semua pihak untuk turut membantu mengembangkan SIEJ.

Rochimawati atau yang akrab disapa Ochi menyampaikan akan membangun SIEJ dari simpul. Memperkuat soliditas dan kapasitas jurnalisme lingkungan yang lebih membumi. “Kekuatan oligarki semakin menggila dalam mengeksploitasi alam. Terjadi kerusakan lingkungan,” katanya.

Pers sebagai kontrol sosial diharapkan publik untuk mengawasi praktik yang merugikan alam, lingkungan dan masyarakat luas.

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini