Robi Navicula Terbiasa Mengolah Sampah Sejak Kecil

Sampah sedotan plastik sekali pakai yang ditemukan Robi di sepanjang pantai hanya dalam waktu kurang dari 5 menit. (Foto: Kopernik).

Terakota.id-Vokalis band Navicula, Gede Robi Suryanto lantang menyuarakan kelestarian alam dan lingkungan. Melalui film dokumenter “Pulau Plastik”, Robi menggambarkan sampah plastik sebagai momok menakutkan dalam kehidupan kita.  Robi memulai peduli dengan masalah sampah sejak dalam keluarga.

Robi dibesarkan dari keluarga yang hidup dengan bertani dan beternak. Keluarganya menerapkan pertanian organik. Memanfaatkan sampah rumah tangga menjadi kompos untuk pupuk pertanian.

“Selain itu, tradisi di Bali secara turun temurun mengajarkan masyarakatnya beternak. Keluarga kakek kebanyakan beternak babi dan lele air tawar,” kata Robi. Pakan berasal dari limbah organik yang tidak terpakai di dapur dan kebunan.

Namun, Robi tak menyadari aktivitas tersebut sebagai langkah ramah lingkungan. Saat manusia menghadapi masalah sampah seperti sekarang, ternyata Robi justru sejak kecil telah memilah dan memanfaatkan sampah menjadi bahan yang berguna.

“Kunci penanganan sampah sebenarnya ada di pemilihan dan pengurangan,” katanya. Sejauh ini, Robi mengaku banyak mendapat dukungan. Namun di media sosial, warganet kerap nyinyir dan mencibir yang dilakukannya.

Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat total sampah pada 2020 sebesar 67,8 ton. Volume sampah meningkat dibandingkan 2018 sebanyak 64 ton. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kopernik mencatat dalam tempo lima menit sebanyak 6-9 juta ton sampah plastik ditemukan di Indonesia.

Sampah plastik yang tak dapat dibendung di darat merambah ke laut. Ribuan ton sampah yang mengapung di laut dapat merusak ekosistem dan mengancam keberlangsungan hidup biota laut. Penanganan sampah plastik yang tak serius juga berpotensi menghasilkan polutan, ancaman ketahanan pangan, hingga risiko tsunami penyakit.

Untuk membincangkan aktivitas Robi terlibat mengatasi masalah sampah plastik, The Society of Indonesian Environmental Journalist (SIEJ) mewawancarai Robi pada Rabu, 7 Juli 2021.

Simak wawancara SIEJ berikut.

Robi Navicula: Jadikan Sampah Plastik Isu Keren dan Tren

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini