Relawan Rumah Pelajar IPNU-IPPNU memberi layanan dukungan psikologi anak-anak penyintas erupsi Gunung Semeru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Islam, Oro-oro Ombo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang pada Rabu, 29 Desember 2021. (Foto: Riza Mustofa).
Iklan terakota

Terakota.idPuluhan anak-anak duduk bersimpuh, mereka meriung di gedung Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Islam, Oro-oro Ombo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang pada Rabu, 29 Desember 2021. Khusuk, mereka mendengarkan cerita dari reorang relawan. Mereka turut bermainan aneka permainan untuk menghilangkan pengalaman traumatik anak-anak para penyintas erupsi Gunung Semeru.

Anak-anak penyintas erupsi Gunung Semeru merupakan program Layanan Dukungan Psikososial (LDP) terhadap anak-anak terdampak erupsi dan awan panas Gunung Semeru. Program dilakukan Tim Rumah Pelajar Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) se-Mapasraya (Malang-Pasuruan Raya).

Relawan Rumah Pelajar berkolaborasi bersama NU Peduli Pronojiwo. Kordinator LDP NU Peduli Semeru Samsul Mashudi menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan relawan kader IPNU-IPPNU Mapasraya. Terutama Pengurus Cabang (PC) IPNU-IPPNU Kabupaten Malang yang telah membantu dan berkolaborasi mendukung program trauma healing.

Relawan Rumah Pelajar IPNU-IPPNU memberi layanan dukungan psikologi anak-anak penyintas erupsi Gunung Semeru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Islam, Oro-oro Ombo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang pada Rabu, 29 Desember 2021. (Foto: Riza Mustofa).

“Semoga program ini bisa terus berjalan bukan hanya di Lembaga Ma’arif tetapi juga disemua lembaga yang ada di Pronojiwo,” katanya. Lantaran program tersebut memberikan energi positif bagi anak-anak.

Program dilangsungkan di lima titik lembaga pendidikan di Kecamatan Pronojiwo. Relawan Rumah Pelajar terdiri atas tujuh orang. Mereka tinggal di di posko Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama.

Mereka melakukan berbagai kegiatan untuk program di lembaga pendidikan. Meliputi pendidikan umum dan pendidikan agama. Relawan Rumah Pelajar juga memberikan pendidikan pelajar dalam keadaan darurat.

Relawan juga memberikan pendidikan mitigasi bencana. Mulai mengenalkan risiko bencana awan panas gunung, khususnya di Gunung Semeru. Tujuan untuk mengenal tanda-tanda dan bahaya risiko erupsi Gunung Semeru. Serta mengurangi dampak yang ditimbulkan.

Para siswa, katanya, diharapkan mengenal dan meningkatkan pengetahuan siswa menghadapi serta mengurangi dampak risiko bencana gunung api. Sehingga para siswa dapat mencari tempat aman jika terjadi bahaya dan risiko gunung api.

Selain itu, juga membudayakan tradisi amaliyah Nahdlatul Ulama. Lantaran dianggap penting dikenalkan kepada anak didik yang ada. Lantaran kegiatan spiritual bermanfaat untuk ketenangan batin.

 

*Pegiat PC IPNU Kabupaten Malang

Pembaca Terakota.id bisa mengirim tulisan reportase, artikel, foto atau video tentang seni, budaya, sejarah dan perjalanan ke email : redaksi@terakota.id. Tulisan yang menarik akan diterbitkan di kanal terasiana.

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini