Relaksasi Berendam di Air Panas Cangar

relaksasi-berendam-di-air-panas-cangar
Tinggal pilih air panas dengan suhu 40 derajat celsius, 46 derajat celsius dan 38 derajat celsius. (Terakota/ M. Yufirly Raizza Fadilah).

Reporter :  M. Yufirly Raizza Fadilah

Terakota.id–Penat menjalani rutinitas sehari-hari? Badan letih? Mari berlibur melupakan aktivitas sejenak, sembari menikmati pemandangan alam dan berendam air panas. Beredam di kolam air panas Cangar bisa menjadi salah satu alternatif wisata yang murah dan meriah.

Dari Kota Malang dibutuhkan waktu selama dua jam berkendara, menuju wisata alam yang berada di lereng Gunung Welirang. Melintasi jalanan berliku, tanjakan dan turunan khas pegunungan. Meski jalur cukup ekstrem sepanjang jalan, Anda akan disajikan pemandangan eksotis. Kawasan pegunungan dengan pepohonan yang rimbun, dan warna-warni bunga cantik.

Sepanjang jalan, sisi kiri dan kanan tersaji perkebunan beragam sayur, dan bunga. Bahkan kebun buah apel juga bakal menjadi obyek foto menarik. Anda bakal merasakan suhu udara dingin, maklum lokasi berada di atas ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Jangan jangan lupa membawa jaket tebal untuk melindungi tubuh.

Setelah tiba di lokasi, cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10 ribu. Anda sudah bisa menikmati hangatnya berendam di air panas yang masih alami. Sejumlah kolam air panas ini berada di tengah pepohonan hutan hujan tropis di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo. Pepohonan yang asri menjadi panorama alami yang turut memanjakan mata.

Di bagian depan kolam kecil khusus anak-anak, dan taman bermain. Tak jauh dari taman bermain, berjajar pondok kayu untuk duduk bersantai sembari mengawasi anak-anak bermain. Nah, selemparan batu ada tiga kolam seluas lapangan voli berjajar.

Kolam Berbeda Suhu

Setiap kolam berbeda suhunya. Ada kolam dengan temperatur air berkisar 40 derajat celsius, ada yang suhu air sekitar 46 derajat Celsius. Sedangkan khusus suhu 38 derajat celsius diperuntukkan khusus perempuan. Saat nyemplung ke dalam kolam, sensasi air panas langsung menjalar ke seluruh tubuh. Cess. Lambat laun, kondisi tubuh akan menyesuaikan.

Saat berendam kaki langsung menyentuh bagian dasar, berupa hamparan tanah berlapis pasir. Fungsinya menjaga air agar tetap bersih. Air panas ini mengalir langsung dari perut bumi. Air panas masih alami sehingga memiliki aroma khas bau belerang.

Ada sensasi beda, di sini Anda bakal berendam sembari memandangi pepohonan asri di sekeliling kolam. Sembari relaksasi dan badan kembali segar setelah lelah beraktivitas. Selain berendam di tiga kolam alami, kolam air panas Cangar juga memiliki kolam renang dengan konsep modern yang lebih privat.

Di sini Anda bisa berenang lebih puas karena ukurannya jauh lebih luas dan lebih sedikit pengunjung. Pengunjung harus merogoh kembali kocek sebesar Rp 15 ribu. Berenang di kolam renang alam terbuka menjadi pengalaman tersendiri.  Pemandian air panas Cangar buka mulai pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB.

relaksasi-berendam-di-air-panas-cangar
Air panas mengalir langsung dari perut bumi sehingga tercium aroma khas bau belerang. (Terakota/M. Yufirly Raizza Fadilah).

Beredam di air panas bermanfaat bagi tubuh, memperlancar peredaran darah dan mengurangi tekanan pada otot. Menenangkan fisik, sekaligus berdampak positif bagi mental.  Berendam di air panas membuat suhu tubuh meningkat, sehingga tubuh berkeringat sekaligus mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Jangan terlena, karena saking nyaman berendam di dalam air hangat, Anda bisa tertidur. Berendam di air hangat membantu untuk tidur lebih cepat dan nyenyak. Pemandian air panas ini selalu dipadati pengunjung. Pengunjung paling banyak pada akhir pekan.

“Pada hari kerja jumlah pengunjung sekitar 300 orang. Sedangkan saat libur mencapai 1000 orang,” ujar pengelola kolam air panas Cangar, Sugiyanto.

Kuliner Khas Tape Ketan Hitam

Setelah puas berendam air panas, sempatkan menjajal kuliner khas, tape ketan hitam. Beras ketan diolah dengan proses fermentasi. Berpadu dengan lupis yang dibungkus daun seperti lontong. Setiap mangkok berisi beberapa potong lupis, lantas disiram tape ketan hitam. Cita rasa manis dan sedikit asam dengan tekstur lembut di lidah.

Tape ketan hitam ini terasa hangat di tubuh, bisa mengusir hawa dingin di kawasan Tahura R Soerjo. Semangkuk ketan hitam cukup membayar Rp 5 ribu. Di sini, ada enam penjual tape ketan. Tinggal pilih.

“Sehabis berenam cocoknya makan tape ketan hitam. Murah, enak dan hangat di perut,” kata salah seorang pengunjung, Widodo.

relaksasi-berendam-di-air-panas-cangar
Mencicipo tape ketan hitam untuk menghangatkan badan. Semangkuk ketan hitam cukup membayar Rp 5 ribu. (Terakota/M. Yufirly Raizza Fadilah).

Bagi pengunjung yang ingin membawa buah tangan untuk keluarga atau teman, di sini tersedia beberapa kios. Menyediakan baju, celana, topi, dan aneka aksesoris. Harganya beragam, Anda juga bisa menawar agar. Setelah sepakat dengan harga yang ditawarkan, Anda bisa membawa pulang untuk oleh-oleh.

Puas menghangatkan diri di kolam air panas Cangar, menyantap tape ketan hitam, dan membeli oleh-oleh. Waktunya pulang ke rumah menyambut hari dengan badan yang lebih segar.

relaksasi-berendam-di-air-panas-cangar
Berjajar beberapa kios menyediakan baju, celana, topi, dan aneka aksesoris. (Terakota/ M. Yufirly Raizza Fadilah).

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini