Ragam Nusantara Hadir di Festival Media

Festival Media digelar rutin saban tahun oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia. Kali ini memasuki tahun ke enam diselenggarakan di Solo. Bersamaan juga digelar Konferensi Media Baru di Solo, 21-24 November. Terakota.id bakal turut meramaikan Festival Media bersama Himpunan Media Alternatif Nusantara (HUMAN). Terakota.id sekaligus menjadi media partner dalam acara yang diselenggarakan AJI Indonesia dan AJI Indonesia.

Berikut acara bagus, yang gratis untuk publik. Buruan daftar kalau gak nyesal belakangan:

1. Workshop penggunaan Facebook untuk mengecek kebenaran informasi dan melakukan verifikasi melalui tool yang tersedia. Pembicara: Alice Budisatrijo (Media Partnerships Manager Facebook Indonesia)

2. Workshop Jurnalisme Data di Media Baru. Di tengah tuntutan menyajikan berita yang cepat, jurnalis juga harus tetap menjaga kualitas, akurasi, dan tak hanya menghadirkan talking news. Workshop ini menawarkan bagaimana menerapkan jurnalisme data. Pembicara: Wahyu Dhyatmika (Pemimpin Redaksi Tempo.co)

3. Workshop Jurnalisme Data untuk Mahasiswa. Menerapkan jurnalisme data untuk media kampus atau yang dikelola mahasiswa. Pembicara : RAHADIAN P. PARAMITA (Wapemred Beritagar.id)

4. Workshop Virtual Reality (VR). Mengenal pembuatan video dengan tampilan 360 derajat. Pembicara : Tombak Matahari (CNN TV)

5. Workshop Video Jurnalis. Pembuatan video sederhana sudah dikenal luas masyarakat. Workshop ini akan memperkenalkan teknik pembuatan video jurnalistik. Pembicara : Dandhy Dwi Laksono (Watchdoc)

6. Workshop memulai dan mengembangkan bisnis media lokal. Media lokal menjadi salah satu alternatif di era media baru. Workshop ini akan memperkenalkan bagaimana cara memulai dan mengembangkan media online di daerah. Pembicara : SoloPos

7. Talkshow membangun e-commerce dengan memanfaatkan Medsos. Seiring perkembangan media sosial, e-commerce menjadi kian mudah sekaligus memunculkan banyak kompetitor. Pembicara: Rahmad Danu Andika dari situs e-commerce  Bukalapak.com, akan berbagi strategi untuk menyiasati media sosial, aplikasi jual beli online, hingga diversifikasi produk.

8.Workshop Internet aman (petunjuk & tools bagi keluarga). Internet sangat menunjang bisnis dan pengetahuan, namun bisa menimbulkan ekses negatif bagi anak. Perlu pengetahuan bagi masyarakat untuk bisa memanfaatkan tool atau aplikasi yang bisa memfilter akses internet. Pembicara: Nukman Luthfie (Pengamat Media Sosial – Digital)

9. Seminar Jurnalisme Damai: Membangun Kesepahaman, Menghormati Keberagaman. Produk jurnalistik berpengaruh besar dalam pemahaman masyarakat terhadap dinamika sosial dan politik. Dalam konteks seputar Pilkada dan Pemilu, jurnalisme harus menjadi petunjuk bagi masyarakat untuk memahami perbedaan sehingga tak larut dalam isu-isu yang mengeksploitasi suku-agama-ras-antargolongan (SARA).
Pembicara : Idy Subandi (Akademisi Unpad), Dewan Pers, Dandy Koeswara (Kepala Biro Kantor Berita Anadolu Agency)

10. Kopdar Blogger Indonesia (Keynote Speaker: Menkominfo Rudiantara)

11. Workshop Menjadi Presenter. Pembicara: Eva Yunizar (CNN)

12. Talkshow Meliput Wilayah Konflik. Pembicara: Desi Fitriani (MetroTV), Usman Hamid (Amnesti Indonesia), Sonny (ICRC)

13. Talkshow Robot Journalism. Pembicara: Beritagar.id

14. Digital Safety. Pembicara: Yerry Nikolas

15. Workshop Melawan Hoax (fact checking & verifikasi). Pembicara: Arif Mujahidin (korban hoax / CorCom Director Danone Indonesia), Agung Yudha (Twitter)

16. Klinik dan Diskusi Esai Fotografi. Pembicara: PFI Solo

17. Workshop Social Media Hack. Pembicara: Rony Lantip

18. Lecturing Science Communication oleh Harry Soerjadi di kampus UNS Solo, pre event, 21 November 2017.

19. Workshop Science Journalism oleh Dewi Safitri CNN di kampus UMS Surakarta, pre event 22 November 2017.

20. Konferensi Media: Jurnalisme di Era Revolusi Industri Digital
Pembicara: Irene Jay Liu Google News Lab
Sabine Tores TV Sud Prancis
Sapto Anggoro CEO Tirto.id
Wahyu Dhyatmika Pimred Tempo.co
International Media Support (IMS).

Pameran media, kuliner, AJI Kota dan pameran foto diikuti 60 stand.
Lomba foto
Musik, pemutaran film

Info lengkap kunjungi: fesmed.aji.or.id

Kontak Panitia:
Panitia Kongres X/Fesmed AJI 2017
Rochimawati (Ketua Panitia Nasional) 081215611947
Adib Muttaqin Asfar (Adib) 085 640 288 794
Mariyana Ricky (Nana) 081 229 922 602.

Tinggalkan Pesan