Ragam Apresiasi untuk Karya Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM Oleh: Atika Nurin Faridah & Hafidz Janu Tedja Sakti*

Total sebanyak 10 portal berita yang diluncurkan dalam Communication Journalism Festival (CJ Fest) 2024 di Malang Creative Center (MCC), Kamis 20 Juni 2024. (Foto: UMM).
Iklan terakota

Terakota.ID–Bekas Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko memuji portal berita karya mahasiswa Ilmu Komunikasi Muhammadiyah Malang (UMM). Total sebanyak 10 portal berita yang diluncurkan dalam Communication Journalism Festival (CJ Fest) 2024 di Malang Creative Center (MCC), Kamis 20 Juni 2024.

“Hebat mahasiswa bisa berkarya seperti ini. Kegiatannya keren sekali,” kata Dewanti. Bersama Kaprodi Ilmu Komunikasi UMM Nasrullah, Dewanti diajak berkeliling melihat gerai mahasiswa dalam acara bertajuk Launching and Exhibition of News Portal.

Total sebanyak 2 ibu karya jurnalistik online. Meliputi straight news, feature, infografis, dan video jurnalistik. Karya tersebut termuat dalam portal berita karya mahasiswa dalam praktikum jurnalistik online semester genap.

Setiap portal memiliki tema yang beragam. Meliputi tema seni budaya karya moreartmoreit.com, musik di musicology.id, dan digitalisasi UMKM di laman yuemkaem.com. Sementara geograph.id menampilkan isu lingkungan, gloeater.com bertema makanan sehat, foryourplate.id segmen isu kuliner, dan banyakgerak.com menampilkan berita olahraga. Sedangkan isu teknologi informasi digarap digiroomtech.com, duniahiburan.id menampilkan seputar hiburan terkini dan admiralsconservation.com concern pada isu konservasi.

Nasrullah berharap karya praktikum mahasiswa ilmu komunikasi UMM ini menarik perhatian publik secara luas. Praktikum, tak sekadar simulai melainkan riil proyek yang bisa ditawarkan kepada investor untuk mengembangkan bisnis portal berita. “Praktikum  merupakan keunggulan lantaran mahasiswa memiliki pengetahuan dan pengalaman bekerja seperti di dunia kerja yang sesungguhnya,” ujar Nasrullah.

Apresiasi juga datang dari para redaktur media di Malang, perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang, manajemen Amazing Malang, CEO PT Sosialoka Indonesia, dan Kementerian Koperasi RI.  Gelar karya mahasiswa Ilmu Komunikasi ini juga menarik perhatian siswa SMA/MA se Malang Raya. Mereka berkunjung dan mengagumi setiap karya mahasiswa.

Kaprodi Komunikasi UMM Nasrullah bersama Sekretaris Prodi Jamroji memberikan penghargaan kepada siswa SMA peserta CJ Fest. (Foto: Laksana UMM).

Tim Amazing Malang mengagumi karya mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM.  Mereka menilai karyanya bagus dan mampu membuat berita dengan berbagai ide yang sangat menarik dan beragam. “Kita dari Amazing Malang kebetulan sedang mencari konseptor anak anak muda,” kata tim Amazing Malang.

Portal musicology.id menarik perhatian Miftah Faridz, CEO Sosialoka Indonesia. Secara spontan ia mengajak video call awak redaksi musicology.id dengan pihak Indomusikgram. Perusahaan yang bergerak dalam publishing lagu-lagu cover. Mereka tertarik berkolaborasi.

Pameran ini merupakan bagian dari acara Communication Journalism Festival (CJ Fest) 2024. Sama halnya workshop jurnalistik bersama siswa SMA/MA di Malang beberapa waktu sebelumnya, acara ini merupakan kolaborasi bersama praktikan public relations Komunikasi UMM, Laksana.

Program peluncuran portal berita diresmikan Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni UMM Tatag Muttaqin, bersama Kaprodi Ilmu Komunikasi UMM Nasrullah dan Kepala Laboratorium Widiya Yutanti dan dosen praktikum Event Management Jamroji.

Acara ini juga menghadirkan jurnalis media online Yoga Tri Priyanto dan influencer Ilham Zada. Bersama para praktikan dan siswa SMA, mereka berbagi cerita tentang tantangan dan petualangan dalam profesi jurnalistik. Hal ini juga menjadi salah satu tujuan dalam mengenalkan dunia profesi jurnalistik kepada siswa SMA.

*Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM

**Pembaca Terakota.id bisa mengirim tulisan reportase, artikel, foto atau video tentang seni, budaya, sejarah dan perjalanan ke email:  redaksi@terakota.id. Tulisan yang menarik akan diterbitkan di kanal terasiana.