Iklan terakota

Terakota.id-Siswa SMA sederajat di Indonesia berkompetisi dalam dunia kreatif dalam HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021. Kompetisi diselenggarakan mulai 25 Agustus 2021 hingga November 2021.  Peserta mendaftar melalui aplikasi Pahamify. Selanjutnya, peserta mengikuti workshop dengan materi self learning.

Setiap tim sekolah terdiri atas empat siswa, mereka membuat lembar kerja  design thinking. Setiap tim bebas memilih salah satu dari topik yang disediakan. Lembar kerja diunggah di laman yang sama. Topik proyek desain thinking terdiri atas healthy lifesyle, re-imagining travel in the future, dan positive learning attitude.

“Metode desain thinking dipilih sebab mengajarkan siswa berfikir inovatif dengan menghubungkan kebutuhan manusia, kemampuan teknologi dan faktor kesusksesan bisnis,” kata Head of Marketing Nutrifood Susana Sie dalam konferensi pers virtual Selasa, 24 Agustus 2021.

Kompetisi ini kerjasama Nutrifood dengan Singapore Tourism Board dan Pahamify. Sedangkan Area Director Indonesia (Jakarta) Singapore Tourism Board Mohamed Firhan Abdul Salam menilai saat pandemi generasi muda harus menampilkan inovasi dan kreativitas agar industri dapat bertahan dan bertumbuh.

Design thinking yang kita butuhkan saat ini, relevan. Anak muda memiliki kekuatan untuk mengubah sejarah, memikirkan ulang masa depan,”  ujar Mohamed Firhan Abdul Salam.

Peserta kompetisi HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 akan melewati tiga tahapan. Meliputi Self Learning Workshop pada 25 Agustus – 1 Oktober 2021, Mentoring Top 20 pada pekan kedua  Oktober 2021, dan Grand Final Top 10 pada minggu pertama November 2021.

“Total hadia sebesar Rp 250 juta untuk top ten. Juara satu hadiah Rp 85 juta, juara dua Rp 60 juta dan juara ketiga Rp 45 juta,” kata Susana.

Koordinator Bidang Pendidikan Menengah, Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Sugeng Riyadi  menyambut baik program ini. Menurutnya generasi muda selayaknya berpikir kritis, komunikatif, dan bekerjasama secara tim.

“Saat ini kerjasama tim menjadi titik kunci. Program ini mendukung pengembangan anak muda dalam rangka pemenuhan kebutuhan SDM kita, terlebih era 4.0,” ujar Sugeng.

COO & Co-Founder Pahamify Mohammad Ikhsan menambahkan pembelajaran digital menjadi salah satu cara efektif siswa belajar selama pandemi. Pahamify, merupakan start up yang dipilih menjadi penyelenggara Workshop HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021. Ia berharap kecintaan anak untuk belajar semakin tumbuh.

“Anak-anak mengukir prestasi, menggapai mimpi. Apa yang dibutuhkan untuk masa depan? Semoga program ini menggugah adik-adik pelajar,” ujarnya.

Informasi lebih lanjut bisa klik : https://www.hilo.co.id/news-event/hilo-teen-design-thinking

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini