Pekan Kebudayaan Daerah Tampilkan Seni Budaya Malang

pekan-kebudayaan-daerah-tampilkan-seni-budaya-malang
Wali Kota Malang Sutiaji menorehkan malam di atas kain payung khas Malang karya Mbah Rasimun. (Foto : Humas Pemkot Malang).

Terakota.idPekan Kebudayaan Daerah (PKD) 2020 dilangsungkan di Taman Krida Budaya Jawa Timur  30 September 2020-1 Oktober 2020. Para seniman dan akademikus berkolaborasi menyelenggarakan pameran, pagelaran seni, workshop dan seminar kebudayaan.

Selama dua hari ini disajikan berbagai macam seni budaya khas Malang antara lain wayang sandosa, jaran pegon malangan, mocopat, tari topeng, wayang jekdong dan ludrukan malangan pada Rabu 30 September 2020. Selanjutnya Kamis 1 Oktober 2020 menghadirkan karawitan Malangan, keroncong malangan dan ditutup guyon maton bersama Denny Caknan-Cak Percil.

“Hargai karya dan bangga dengan budaya lokal kita,” kata Wali Kota Malang Sutiaji setelah berkeliling gerai dalam siaran pers yang diterima Terakota.id. Nilai budaya dan sejarah, katanya, diwariskan orang tua dan leluhur kita.  Sehingga harus dijaga dan dilestarikan.

Pekan Kebudayaan Daerah 2020 digelar dengan standar kesehatan covid-19. Pengunjung wajib mengenakan masker, menjaga jarak dan disediakan sarana mencuci tangan. Para pengunjung juga diperiksa suhu tubuhnya.

“Kegiatan dilaksanakan dengan protokol covid, harapan kami perputaran ekonomi tetap bisa berjalan dengan baik,” kata Wali Kota Malang. Aktifitas masyarakat bisa berjalan dengan baik, ujarnya, namun harus tetap menjaga protokol kesehatan. Serta mencegah transmisi penularan antar penduduk.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Zubaidah berharap PKD Kota Malang 2020 menampilkan keragaman seni dan budaya. Keberagaman seni budaya berasal dari proses kehidupan. “Warisan budaya mengakar kuat dan tertuang dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat,” ujarnya.

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini