Pegunungan Putri Tidur yang Memikat Hati

Terakota.id–Menjejakkan kaki di Kota Malang, arahkan pandangan ke barat. Bakal terlihat siluet gugusan pegunungan terpampang jelas. Pegunungan terlihat seperti gadis tidur. Masyarakat Malang menyebutnya pegunungan putri tidur.

Pegunungan putri tidur meliputi Gunung Butak ketinggian 2.686 meter di atas permukaan laut m.dpl, Gunung Kawi ketinggian 2.551 m.dpl dan Gunung Panderman ketinggian 2.045 m.dpl. Gunung Butak terlihat seperti kepala dan rambut, Gung Kawi meliputi dada dan perut serta  Gunung Panderman sebagai bagian kaki.

Gunung Butak, berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar. Lokasinya berderet dengan Gunung Panderman, dan Gunung Kawi.  Dinamakan Gunung Butak karena saat musim kemarau, gunung berwarna kecoklatan lantaran padang sabana dan pepohonan di lereng gunung mengering.

Gunung Kawi dikenal sebagai bersemayam makam Kiai Zakaria II atau Eyang Djoego dan Kiai Iman Soedjono. Terletak di Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Sebelah barat Kepanjen, sekitar 53 kilometer dari Kota Malang.  Di lereng Gunung Kawi dikenal sebagai pesarean kedua tokoh pengikut atau bayangkara Pangeran Diponegoro.

Masyarakat menganggap pesarean Gunung Kawi sebagai tempat pesugihan. Sekitar pesarean berdiri masjid dan klenteng. Masyarakat setempat hidup rukun, ada toleransi dan akulturasi budaya. Jawa-Tionghoa dan Islam-Konghucu. Sebagian umat datang untuk berziarah dan ada yang bertujuan untuk ngalap berkah. Pesarean Gunung Kawi menjadi destinasi religi di Kabupaten Malang.

Sedangkan Gunung Panderman berada di Desa Pesanggrahan, Kota Batu. Nama Panderman diambil dari nama seorang pendaki pertama asal belanda bernama Van Der Man. Gunung Panderman termasuk pegunungan yang lumayan rendah. Gunung Panderman biasanya digunakan sebagai tempat para pendaki gunung untuk tahap awal berlatih mendaki gunung.

Meski Gunung Panderman termasuk gunung yang rendah, tetapi Gunung Panderman juga menawarkan pemandangan alam dan Kota Batu. Terutama di malam hari, pendaki akan melihat gemerlap lampu malam di kawasan Kota Batu.

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini