Para Selebritas Belajar Menari Topeng Malang

Mereka belajar mengenal karakter topeng Malangan. Sekaligus belajar gerakan menari Topeng. Mengenakan selendang atau sampur mereka bersama-sama belajar menari topeng.

Para selebritas berpose bersama mengenakan sampur dan topeng usai belajar menari topeng di Sanggar Asmorobangun, Kedungmonggo, Pakisaji. (Foto : Dokumentasi Sanggar Asmorobangun).

Terakota.id–Para selebritas dan penggemar motor gede (Moge) yang tergabung dalam Motorbaik Adventure 2017 mampir ke Sanggar Asmorobangun, Kedungmonggo, Pakisaji, Kabupaten Malang, Selasa 22 Mei 2017. Total sebanyak 60 orang, mereka ingin mengenal kesenian tari Topeng Malangan.

13 di antaranya merupakan selebritas. Para selebritas antara lain Ananda Omesh,  Nabila, Imam Darto, Dimas Anggara, Denny Chasmala, Kevin Julio, Ganindra Bimo, Andrea Dian, Poppy Sovia, Melki Bajaj, Eddi Brokoli, Ferry Maryadi, Den Dimas dan Ari Wibowo.

Mereka belajar mengenal karakter topeng Malangan. Sekaligus belajar gerakan menari Topeng. Mengenakan selendang atau sampur mereka bersama-sama belajar menari topeng. “Senang bisa belajar menari topeng Malang,” kata Athina Nabila Elmias Putri dalam siaran pers yang diterima Terakota.id.

Model, presenter sekaligus pesinetron ini mengaku touring memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke 72 ini tergolong istimewa. Lantaran sepanjang perjalanan Yogyakarta-Bali, mereka menemui tokoh inspiratif di setiap daerah. Seperti yang dilakukan di Malang, mereka menemui seniman topeng sekaligus dosen tari Universitas Negeri Malang, Tri Handoyo.

Ananda Omesh memperhatikan penjelasan pimpinan Sanggar Asmorobangun, Kedungmonggo, Pakisaji. Tri Handoyo (Foto : Dokumentasi Sanggar Asmorobangun).

Tri Handoyo merupakan cucu Maestro Topeng Malang, almarhum Mbah Karimun. Kini, Handoyo meneruskan Sanggar Tari Asmorobangun. “Bertemu tokoh inspiratif, aktivis lingkungan, aktivis pendidikan, aktivis kebudayaan, olahraga dan komunitas motor,” kata Nabila.

Tari Topeng Malang, katanya, luar biasa memiliki akar historis , dan gerakannya yang indah. Potensial sebagai warisan budaya nusantara yang harus dilestarikan.

Tri Handoyo selaku pimpinan sanggar menjelaskan sejarah dan karakter tokoh Topeng Malang. Para selebritas dan penggemar moge diajak untuk mengecat topeng sesuai masing-masing karakter. “Setiap karakter memiliki ciri dan warna berbeda,” kaatnya.

Handoyo yang juga dikenal sebagai seniman topeng Malangan. Mulai menjadi pengrawit, pemahat topeng dan penari topeng.

Sebelum mampir ke Malang, Selasa pagi mereka berziarah ke makam Sang Proklamator Sukarno di Kota Blitar. Usia berziarah mereka melanjutkan perjalanan ke Malang mengunjungi Sanggar Asmorobangun. Motorbaik Adventure 2017 merupakan petualangan bermotor selama sepekan, mulai 21-26 Agustus 2017.

Pembalap Nasional, M. Fadli yang turut dalam rombongan  menjelaskan jika perjalanan ini dilakukan untuk mengajak para selebritas menemukan segala keunikan tentang Indonesia. Meliputi seni, kebudayaan, alam, dan tradisi. “Banyak warisan budaya di negeri ini yang harus kita ketahui,”  ujarnya.

Touring dimulai dari Yogyakarta dengan rute Solo-Tawangmangu-Madiun-Kediri-Blitar-Malang-Bromo-Problolinggo-Situbondo-Denpasar-Kuta. Para selebritas ini juga menginisiasi kegiatan sosial, mendidik dan menginspirasi dengan tema “Belajar menjadi Indonesia.”

“Kita membawa misi dalam perjalanan ini. Memberi dan juga belajar banyak hal positif dari tempat-tempat yang kita lewati,” ujar Ananda Omesh, salah satu penggagas Motorbaik. Bertemu dengan tokoh inspiratif di setiap kota yang disambangi.

“Tujuannya untuk belajar menjadi Indonesia, sesuai dengan tema yang kita buat kali ini,” kata Omesh. Mereka juga menggelar kampanye keselamatan berkendara.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini