Nobar dan Bincang Film Dokumenter “Dluwang”

Terakota.id–Akustikan pinggir kali atau Akupili #39 menghadirkan Spesial Pekan Sastra dan Lapakan Buku Kota Malang. Catat tanggal mainnya, Jumat, 06 April 2018 Pukul: 18.30-21.30 WIB di Kedai Kopi Kalimetro, Jalan Joyosuko Metro Nomor 42 Merjosari, Kota Malang.

Selain akustikan, membaca puisi, akupili kali ini kita ditemani sebuah film dokumenter yang masuk nominasi Film Dokumenter Pendek Terbaik pada FFI 2017. Sekaligus berbincang dengan sang sutradara film dluwang, Agni Tirta (pendiri Belantara Films).

Film ini menceritakan kisah Pasar Klithikan, Yogyakarta. Pasar Klithikan merupakan ruang alternatif, menjadi ruang publik. Ada proses interaksi sosial hidup di tengah gempuran pasar modern dan online shop atau toko daring. Tidak sekedar mempertemukan penjual dan pembeli barang bekas.

Pasar Klithikan melampaui gagasan sebagai sebuah pasar, tetapi menjadi alternatif sumber ilmu. Toni Lubis salah seorang dari ribuan orang yang setiap hari beraktifitas di Pasar Klithikan, berperan sebagai penjual dan juga pembeli.

Barang dagangan utamanya adalah kertas lawas. Tak jarang ia menemukan dokumen maupun benda bersejarah di tempat itu. Film Dluwang adalah tentang cerita sejarah dari tempat sampah.

Tinggalkan Pesan