Nasib Situs Sekaran Peninggalan Pra Majapahit

Iklan terakota

Terakota.ID–Masih ingat Situs Sekaran di Dusun Sekarang, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang?  Situs ditemukan saat pengerjaan jalan tol Pandaan-Malang di kilometer 37 pada pertengahan Maret 2019. Bagaimana nasibnya kini? Terakota melawat ke situs yang dikelola Pemerintah Kabupaten Malang.

Situs sekaran terdiri atas struktur bata yang tampak berbentuk persegi dengan dimensi lebar 205 centimeter, tinggi 110 centimeter, tersusun atas 15 lapis batu bata. Ada tiga jenis bata yang memiliki dimensi berbeda dan dianggap mewakili bata. Yakni bata pertama berukuran 38 centimeter lebar 25 centimeter dan tebal 8 sentimeter, bata kedua berukuran panjang 32 centimeter lebar 23 centimeter dan tebal 6 centimeter, dan bata ketiga panjang 35 centimeter lebar 20 centimeter, dan tebal 7 centimeter.

Arkeolog  Universitas Negeri Malang yang juga Ketua Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) Jawa Timur, Ismail Lutfi memperkirakan struktur bangunan tersebut, merupakan bangunan suci. Namun, belum bisa dipastikan apakah bangunan tersebut candi atau petirtaan. Bangunan suci, katanya, tak harus candi. Bahkan bisa saja merupakan tempat pertapaan, asrama, perguruan atau mandala.

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini