Membeli Kopi Berbayar Sampah

Terakota.id—Menikmati kopi dan mendapat cinderamata tanpa uang? Anda cukup membawa aneka jenis sampah anorganik di empat cafe di Malang. Silakan buktikan, datang ke Vosco Coffee (Blimbing), Fugu (Kayutangan), Semat Space (Tasikmadu), dan Equal Coffee (Dau).

Program berlangsung memperingati Green Consumer Day 2021 yang digagas iLitterless, sebuah lembaga non profit yang bergerak pada bidang edukasi, riset, dan layanan jemput sampah. Masyarakat Kota Malang bisa langsung menukarkan sampah anorganik dengan kopi dan cindera mata.

Penukaran sampah anorganik khusus pada 28 September yang diperingati sebagai hari Green Consumer Day. Sebagai refleksi dampak buruk pola konsumsi manusia terhadap lingkungan hidup.

“Mengingat banyak sampah anorganik dan organik yang tidak terolah. Sehingga menumpuk di TPA, bahkan mengalir sampai ke laut dan menganggu biota laut,” kata Co-founder sekaligus Head of Administration iLitterless, Mayedha Adifirsta dalam siaran pers yang diterima Terakota.id.

Di sisi lain, katanya, Indonesia kesulitan menerapkan sistem daur ulang, karena banyak sampah yang tidak layak daur ulang. Lantaran sampah anorganik becampur dengan berbagai jenis sampah dalam satu wadah. Sementara, saat ini kita menuju ekonomi sirkular yang ramah lingkungan. Sedangkan Indonesia sendiri masih harus impor sampah anorganik.

Momen Green Consumer Day, dimanfatkan iLitterless mengemas aksi setor sampah secara serentak untuk mengampanyekan pentingnya memilah sampah sejak dari rumah. Kelompok utama yang disasar, kata Mayedha, mulai dari pemuda dan pebisnis kafe yang kini telah menjelma menjadi subkultur di Kota Malang.

Sebelumnya iLitterless telah melaksanakan layanan jemput sampah anorganik (Pick Up My Litter) dari 10 kafe dan rumah tangga di Kota Malang. Ia berharap, masyarakat semakin sadar pentingnya memilah sampah. Serta mendorong pemerintah untuk menyempurnakan menajemen pengelolaan sampah.

Sehingga bahan baku daur ulang akan meningkat, bisnis pengolahan sampah berkembang. Sehingga mendorong produsen membuat produk yang ramah lingkungan dan sustainable.

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini