Menikmati Seni dan Budaya India di Kota Malang

Terakota.id–Kementerian Pariwisata, Pemerintah Kota Malang bekerjasama dengan pemerintah India menggelar kolaborasi kesenian India dan Malang. Menampilkan beragam kesenian India, mulai dari tari hingga musik dan lagu.

Pagelaran seni tradisi India bakal dikemas dalam pertunjukan tari Bollywood dan budaya di Simpang Balapan  21 April 2018 pukul 19.00 WIB. “Ada panggung besar, ada kolaborasi seni tradisi di sini,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni.

Pekan budaya India ini, katanya, merupakan bagian dari diplomasi budaya. Hal serupa juga dilakukan Indonesia di luar negeri. “Ini era global, jangan alergi dengan kesenian negara lain,” ujarnya.

Selain kesenian tradisi juga ada kuliner, pameran film dan foto. Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang promosi kebudayaan India. Kegiatan ini bermula dari pameran kesenian Malang di India.

Tahun lalu, katanya, Malang mempromosikan kesenian dan budaya di Bombay, India. Kementerian Pariwisata India mampir ke gerai Pemerintah Kota Malang dan menyaksikan aneka foto kesenian Thailand dan Cina di Malang.  “Mereka tertarik untuk menampilkan kesenian itu di Malang,” kata Ida.

Sebelumnya, katanya, Jerman juga mengajukan hal yang sama. Namun, Pemerintah Jerman bakal menampilkan kesenian balet di gedung. Sementara Malang belum memiliki gedung pertunjukan yang memadai. Selain itu, penikmat seni tari balet juga tak banyak.

“Diberikan kesempatan kepada India karena belum pernah menginjakkan kaki di Malang.”

 

Baca juga :  Parade Film Malang, Geliat Sineas Muda

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini