Mengenang Tragedi Kudatuli

mengenang-tragedi-kudatuli

Terakota.id–Peristiwa Kudatuli merupakan tragedi yang terjadi sebagai buntut dualisme di tubuh Partai Demokrasi Indonesia. Konflik ini terjadi antara kelompok pendukung Suryadi (Ketua Umum PDI hasil Kongres Medan periode 1996-1998) dengan kelompok pendukung Megawati (Ketua Umum PDI hasil kongres Surabaya periode 1993-1998). Mereka berebut kantor pusat PDI di Jalan Diponegoro, Jakarta.

Kubu Megawati menganggap hasil kongres di Medan tidak sah. Mereka menuding pemerintahan Soeharto merupakan dalang di balik kongres tersebut, sehingga dianggap sebagai kaki tangan penguasa.

mengenang-tragedi-kudatuli

Pengikut Megawati pun menggelar mimbar bebas di depan kantor PDI. 27 Juli 1996, Sejumlah pengikut Soeryadi menyerbu kantor PDI. Bentrokan antara pendukung Megawati dengan Suryadi pun tak terhindarkan.

Akibat dari kerusuhan ini sebanyak 136 orang ditangkap dan 23 hilang. Tercatat pula 149 orang luka-luka dan lima meninggal dunia. Peristiwa ini juga menyebabkan gedung milik Departemen Pertanian dibakar, mobil disulut api. Sejumlah bangunan lain tak luput dari amukan massa.

mengenang-tragedi-kudatuli

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini