Mencicipi Kopi dari Kaki Gunung Kawi

Mencicipi kopi khas Sumberdem di kaki Gunung Kawi. (Foto : Restu Respati).

Terakota.idAfdeeling Malang mulai dibuka perkebunan kopi pada 1832. Lokasi Afdeeling Malang strategis untuk perkebunan,  diapit pegunungan Arjuna-Kawi di sebelah barat dan Bromo-Semeru di sebelah timur. Terhampar lahan subur yang strategis bagi perkebunan kopi.

Afdeeling adalah sebuah wilayah administratif pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda, setingkat Kabupaten. Administratornya dipegang oleh seorang Asisten Residen. Afdeeling merupakan bagian dari suatu Karesidenan.

Suatu Afdeeling dapat terdiri dari beberapa Onderafdeling (setingkat Kawedanan yang diperintah seorang Wedana yang disebut Controleur) dan Landschap yang dikepalai seorang bumiputera yang disebut Hoofd atau Kepala. Di bidang perkebunan, Afdeeling adalah pembagian administratif dari suatu kebun.

malang-surga-perkebunan-kopi-pada-masa-hindia-belanda
Perempuan pekerja pemetik kopi di perkebunan kopi di Jawa. (Foto : KITVL).

Pada masa itu Afdeeling Malang masih menjadi bagian dari Karesidenan Pasuruan. Afdeeling Malang merupakan penghasil kopi terbesar di seluruh Jawa Timur. Kopi jenis Robusta dan Arabika menjadi andalannya. Antara tahun 1870-1830 perkebunan kopi di Afdeeling Malang mencapai masa keemasan. Puncaknya adalah pada tahun 1914 Distrik Kota di Afdeeling Malang mengalami perubahan status menjadi Gemeente (Kotamadya).

Merujuk dari kesejarahan perkebunan kopi itu yang mendasari “Kampoeng Kopi Sumberdem” menamakan hasil produksi kopinya bermerk “Kopi 1832”. Jenis kopi Robusta, Arabika dan Excelsa tersedia di rumah bibit dan perkebunan Kampoeng Kopi Sumberdem. Ada pula kopi berbentuk “stik”, kudapan yang bisa langsung dimakan.

Desa Sumberdem berada di wilayah Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Konon nama Sumberdem di ambil dari bahasa jawa yang terdiri dari dua kata yaitu Sumber dan Dem (adem) yang bermakna sumber mata air yang dingin.

Di wilayah Sumberdem terdapat banyak sumber mata air yang dingin, terutama empat sumber mata air besar. Sumber mata air ini terus mengalir, tak pernah kering sepanjang musim. Termasuk musim kemarau.

Desa Sumberdem berbatasan dengan Desa Wonosari di sebelah utara, Desa Sumber Tempur di sebelah timur, Desa Jambuwer di sebelah selatan, Desa Ampelgading di sebelah barat. Andeman terletak di lereng Gunung Kawi.

Saat ini masyarakat Desa Sumberdem tengah aktif menggerakkan potensi wisata di sini. Dengan konsep agrowisata, khusus perkebunan kopi. Wisatawan diajak menilik semua proses produksi kopi mulai menanam, merawat, panen kopi, sampai pengolahan biji kopi. Semua proses dikerjakan secara tradisional, warisan turun temurun leluhur.

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini