Menapak Jejak Panjang Peradaban Islam

Buku Sejarah Peradaban Islam Din Muhammad Zakariya
Foto : Wulan Eka

Judul Buku      : Sejarah Peradaban Islam
Penulis            : Dr. Din Muhammad Zakariya, M.Pd.I
Penerbit          : Madani
Ukuran Buku   : 15,5 x 23 cm
Ketebalan       : viii + 324
ISBN              : 978-602-0899-64-0
Harga P. Jawa : Rp 92.000

Terakota.id – Masa pra kenabian atau sebelum Islam masuk ke jazirah Arab dalam sejarahnya disebut sebagai zaman Jahiliyah. Kebodohan dan ketidaktahuan merajalela. Anak perempuan dianggap aib. Pada setiap kelahirannya, sang anak direnggut paksa nyawanya oleh sang ayah. Perempuan seolah tak ada nilainya.

Pernikahan masa Jahiliyah, perempuan acapkali diperlakukan seperti pabrik yang memproduksi anak. Nikah Al-Istibdha’ misalnya, perempuan wajib mengikuti instruksi suami untuk bersenggama dengan lelaki lain hingga hamil, biasa dilakukan untuk mendapatkan keturunan yang pintar. Sistem perkawinan lainnya, perempuan bebas digauli oleh beberapa lelaki sekaligus. Setelah anaknya lahir, ia berhak memilih siapa lelaki yang disukai untuk menjadi nasab sang anak.

Islam hadir, lantas mengatur tatanan kehidupan manusia yang awalnya dimabuk hasrat duniawi, perkawinan sedarah, perjudian, perang antar suku, perdukunan, hingga khufarat. Ialah Ahmad atau Muhammad, putra Aminah yang lahir tepat 50 hari pasca penyerbuan pasukan gajah ke Ka’bah, sosok pembawa amanah.

Mendekati usia 40 tahun, setelah perenungan panjang jalan pikiran yang berbeda dengan umat, Muhammad mengasingkan diri ke Gua Hira’, Jabal Nur. Tahun ketiga mengasingkan diri, tepat pada bulan Ramadhan atau 10 Agustus 610 M, Allah mengutus Jibril menemui Muhammad, membawakannya beberapa ayat. Masa kenabian Muhammad bermula dari sini.

Beliau memulai dakwah di Mekah dengan membangun pembinaan dan pendidikan tauhid. Selanjutnya ekspansi ke Madinah untuk membangun pendidkan sosial dan politik. Perlawanan dari kaum setempat (Mekah), terutama Quraisy tak dapat dielak, mulai dari ejekan, hinaan. Namun sebaliknya, beliau membalasnya dengan cinta kasih, seperti tertoreh dalam kisah Nabi yang tetap mengunjungi peludah tiap beliau berjalan hendak ke Kabbah atau menyuapi pengemis buta yang selalu mengoloknya.

Dengan kekuatan Rahmatan Lil Alamin, Islam menyebarluas ke seantero dunia. Membangun peradaban, mulai dari Masa Khulafa’ Rasyidin, Dinasti Umayyah, Dinasti Abbasiyah sampai Dinasti Umayyah di Andalusia. Buku berjudul Sejarah Peradaban Islam ini secara historis-empiris memaparkan kisah peradaban Islam mulai dari Arab masa jahiliyah hingga pembangunan peradaban Islam di berbagai negara. Ditulis oleh Dr. Din Muhammad Zakariya, M.Pd.I, dai dan dosen pengajar Sejarah Peradaban Islam di Surabaya. Buku ini meramu hasil penelitian akademik maupun observasi pribadi penulis. Menariknya, terdapat bab khusus yang mencoba menilik kisah peradaban Islam di Indonesia.

Buku yang menarik untuk dibaca mahasiswa tarbiah Islam, pembelajar mata kuliah Sejarah Peradaban Islam maupun kalangan umum yang hendak menyelami kembali jejak perjalanan Islam di masa lampau. Selamat Membaca

Buku Sejarah Peradaban Islam

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini