Menakar Strategi Marketing Politik Capres-Cawapres 2024 Oleh : Dwi Kurniawan Putra*

Ilustrasi Capres-Cawapres 2024. (Detik.com/ Denny Putra).
Iklan terakota

Terakota.IDEstafet kepemimpinan Republik Indonesia dilangsungkan setiap lima tahun sekali melalui Pemilihan Umum (Pemilu). Pemilu yang jujur dan adil menjadi kunci sistem negara demokrasi seperti Republik Indonesia. Setiap lima tahun sekali, kita memilih legislator mulai tingkat DPRD Kabupaten/ Kota, DPRD Provinsi, DPR-RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Selain itu turut dipilih pasangan Presiden dan Wakil Presiden.

Sejumlah proses atau tahapan Pemilu telah dilampaui, mulai penetapan daftar calon legislator tetap dan pendaftaran calon Presiden dan Wakil Presiden. Sedangkan pemungutan suara bakal dilangsungkan pada 14 Februari 2024. Waktu pemungutan suara bakal menjadi penentu arah dan kebijakan Republik Indonesia. Disesuaikan dengan visi dan misi  calon Presiden dan Wakil Presiden.

Kini, sebanyak tiga pasangan bakal calon Presiden dan Wakil Presiden yang bakal berkontestasi dalam Pemilu 2024. Sesuai pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU), tercatat pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandan, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sesuai tahapan, masa kampanye berlangsung  28 November 2023 sampai 10 Februari 2024. Pada tahapan ini, calon pemilih akan melihat, menakar dan menentukan pilihan. Masing-masing tim sukses dari ketiga calon Presiden dan Wakil Presiden akan unjuk diri dan menawarkan ide, gagasan untuk meyakinkan para pemilih.

Untuk meyakinkan para pemilih, para kandidat menggunakan berbagai strategi komunikasi marketing politik. Seperti : past political marketing (melalui kelompok, tokoh, atau organisasi yang berpengaruh), push political marketing (pemasaran produk politik secara langsung kepada calon pemilih), dan pull political marketing (pemasaran produk politik melalui media massa).

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Koalisi Partai Nasdem, PKB, dan PKS mengusung Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar langsung tancap gas. Tercatat sebagai kandidat yang mendaftar pertama di KPU. Jika dilihat selama ini, pasangan Anies-Cak Imin (AMIN) telah mengeluarkan sejumlah amunisinya dan melakukan banyak sekali strategi aksi kampanye.

AMIN telah menerapkan past political marketing dengan mendatangi berbagai tokoh agama, tokoh adat, maupun organisasi. Salah satunya seperti yang diunggah di akun instagram postingan terbaru @aniesbaswedan.

Anies mengunjungi Pondok Pesantren Perguruan Diniyyah Puteri yang didirikan oleh Rahmah El-yunusiyah. Seorang reformator pendidikan islam pada zaman perjuangan kemerdekaan indonesia.

Sedangkan strategi push political marketing dilakukan pasangan AMIN dengan turun langsung menemui masyarakat. Berbagai acara dilangsungkan dengan menghadirkan massa besar. “Sumatera Utara luar biasa ! Terima kasih sambutannya,mari bersama menyongsong perubahan,” tulis Anies di akun instagramnya. Sumatera Utara merupakan salah satu daerah di indonesia yang menjadi tujuan perjalanan kampanye pasagan calon Presiden dan Wakil Presiden yang bertagar #AMINAjaDulu.

Strategi pull political marketing diterapkan dengan membuat video kampanye kreatif dengan berisi mem-branding pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Ganjar Pranowo-Mahfud MD

PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo yang mengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang telah didaftarkan di KPU pada 18 November 2023. Bagaimana strategi pasangan calon ini? Mari kita kulik bersama.

Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD menerapkan strategi push politikal marketing melalui relawan atau tim suksesnya. Salah satunya dengan menggelar jalan sehat pada 30 Oktober 2023, di Bandung. Jalan sehat tersebut turut diiringi dengan aksi band tanah air.

Ganjar-Mahfud juga menerapkan strategi past political marketing. Disiarkan MetroTV, Ganjar Pranowo bersama Wakil Menteri Agama menyambangi Pondok Pesantren Miftahul Ulum Ad-Diniyyah. Mereka bersilaturahmi dengan Rois Syuriah  Nahdlatul Ulama se-DKI Jakarta. Selain menyambangi Pondok Pesantren, Paslon Ganjar-Mahfud juga mendatangi beberapa tokoh  di Blok M pada medio Oktober 2023.

Sementara pull political marketing gencar dilakukan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (GAMA) melalui sosial media. Lantaran tidak bisa dipungkiri, media sosial menjadi panggung kampanye yang paling cepat. Serta menjangkau kalangan muda atau pemilih pemula.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diusung Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, PBB, dan Partai Gelora. Pasangan ini tengah berebut pengaruh dan bertarung untuk meraup suara pada Pemilu mendatang.

Pasangan ini tercatat paling akhir mendaftar di KPU pada 22 Oktober 2023. Gibran memulai berkampanye di Boyolali, Jawa Tengah. Ia  mengunjungi sentra industri tembaga  dan komunitas seni. Lawatan Gibran termasuk strategi past political marketing untuk mendapat dukungan calon pemilih.

 

Prabowo Subianto dari Koalisi Indonesia Maju mencatatkan nilai belanja iklan tertinggi di media sosial (medsos). Dari analisis Ad Library dari Meta Platform, sejak Agustus 2020 hingga Oktober 2023, Prabowo mencapai Rp 8,67 miliar . Prabowo mengucurkan dana besar di medsos sebagai salah satu strategi pull politikal marketing.

Jangan Takut, Jangan Golput

Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebanyak 56,4 % calon pemilih adalah anak muda. Artinya suara anak muda atau Generasi Z sangat menentukan hasil Pemilu 2024. Secara tidak langsung ikut berperan dalam menentukan siapa yang bakal menjadi wakil rakyat dan pemimpin Republik Indonesia. Yuk, gunakan hak pilihmu secara bijak.

*Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Malang

**Pembaca Terakota.id bisa mengirim tulisan reportase, artikel, foto atau video tentang seni, budaya, sejarah dan perjalanan ke email :  redaksi@terakota.id. Tulisan yang menarik akan diterbitkan di kanal terasiana.