Membaca Jawa Timur-(an) Lewat Wayang Malangan

Terakota.id–Diskusi mengenai Jawa Timuran selalu menarik. Lingkup seni dan budaya Jawa Timuran yang luas menjadi bahan tema diskusi dan seminar yang tak pernah membosankan dan kering. Secara spesifik Jawa Timuran menunjuk pada lokus budaya daerah Surabaya, Malang Jombang, Gresik, Sidoarjo, Lamongan dan Madura.

Perbincangan kesenian tradisi Jawatimuran, khususnya Malangan memantik wacana dan pemikiran baru terkait eksistensi dan daya tahan. Sedangkan, perbincangan wayang kulit senantiasa berpusat dari dua gaya besar yakni Surakarta dan Yogyakarta. Sehingga, membincangkan wayang kulit gaya Malangan adalah sebuah upaya menemukan formulasi ideal dalam membangun tonggak keilmuan. Serta membaca peta perkembangan kesenian Jawatimuran pada umumnya.

Melalui webinar kali ini diharapkan dapat menjadi oase yang memacu perbincangan-perbincangan serupa tentang kesenian tradisi Jawatimuran. Semua itu mendesak dilakukan agar upaya menjaga denyut kesenian tradisi, terutama wayang kulit Malangan (dan Jawatimuran pada umumnya), dapat tumbuh, bertahan, berkembang, serta terumuskan dengan ideal.

Itulah alasan webinar diselenggarakan pada 3 November 2021 pukul 12.30-15.30 WIB, melalui media zoom. Webinar juga akan disiarkan melalui kanal Youtube Arjasura Channel.

Webinar ini, menghadirkan Dr.Suyanto, S.Kar., M.A.  dosen Jurusan Pedalangan ISI Surakarta, aktif sebagai pengkaji, penulis artikel ilmiah dan praktisi wayang Malangan. Narasumber kedua, Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd., dosen Jurusan Seni & Desain Universitas Negeri Malang,  aktif berkiprah dalam pengkajian dan praktisi budaya Malang. Narasumber ketiga, Ki Surwedi, seorang praktisi pedalangan Jawa Timuran dan budayawan.

Webinar dimoderatori Dr. Aris Setiawan, M.Sn., dosen Jurusan Etnomusikologi ISI Surakarta. Bakal ditutup dengan pertunjukan pakeliran padat gaya Malangan oleh Ki Baghaskoro Arema.

Penyelenggara Yayasan ARJASURA (Arek Jawa Timur di Surakarta), merupakan yayasan nonprofit yang bergerak dalam mengkonservasi budaya Jawa Timur di Surakarta.

Kontak

Lambang Kokoh Restu Pambudi (+62857-5987-5118)

Dwiki Akhsan Muzakki (+62 822-4500-7230)

Instagram Arjasura @arjasurasolo

Youtube Arjasura Channel

Email Yayasan Arjasura arjasurasolo@gmail.com

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini