Iklan terakota

Terakota.ID–Survei Kata Data Insight (KIC) menyebut anak muda Indonesia, terutama generasi Millenial dan Generasi Z, cenderung menggunakan media sosial dan media daring untuk mencari informasi tentang calon Presiden dan calon Wakil Presiden. Survei yang diluncurkan 23 November 2023 sebanyak 71,6 persen responden memilih media daring, sedangkan 66,9 persen memilih media sosial. Sementara informasi dari televisi menjadi pilihan ketiga sebesar 56,2 persen.

Media daring dianggap relevan sebesar 44,6 persen responden, sementara media cetak sebesar 19 persen responden, informasi melalui keluarga dan kerabat 18,2 persen, lingkungan kerja 15,8 persen, dan sumber lainnya 0,5 persen.

Survei dilakukan terhadap 1.005 responden dari seluruh Indonesia. Mayoritas berasal dari Jawa, Sumatra, dan Sulawesi. Kelompok Generasi Z (usia 17-26 tahun) sebanyak 50,4 persen, Generasi Millenial (usia 27-42 tahun) sebanyak 49,6 persen. Responden laki-laki 60,6 persen sedangkan perempuan 39,4 persen.

Survei dilakukan secara daring melalui data collection. Survei berlangsung pada 11-17 Oktober 2023 dengan metode pengambilan sampel non-probability sampling. Tingkat kesalahan atau margin of error sebesar 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pengguna internet di Indonesia pada periode 2022-2023 mencapai 215 juta jiwa. Sedangkan populasi penduduk berdasar Badan Pusat Statistik (BPS) sebanyak 278.8 juta jiwa. Generasi Pre-Boomer (lahir sebelum tahun 1945) sebanyak 1,87 persen, Generasi Baby Boomer (1946-1964) 11,6 persen, Generasi X (1965-1980) 21,9 persen, Milenial (1981-1996) 25,9 persen, sementara Generasi Z (1997-2012) mendominasi sebesar 27,9 persen, dan Post Gen Z (lahir setelah 2013) 10,9 persen.

Sumber: Badan Pusat Statistik, Katadata Insight, dan APJII

*Mahasiswa Ilmu Komunakasi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya

**Pembaca Terakota.id bisa mengirim tulisan reportase, artikel, foto atau video tentang seni, budaya, sejarah dan perjalanan ke email:  redaksi@terakota.id. Tulisan yang menarik akan diterbitkan di kanal terasiana.