Mahasiswa UMM Luncurkan 10 Portal Karya Praktikum Jurnalistik Online

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang menampilkan portal dan karya jurnalistik yang dihasilkan dalam praktikum produksi jurnalistik online. (Foto UMM)
Iklan terakota

Terakota.IDMahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang menampilkan portal dan karya jurnalistik yang dihasilkan dalam praktikum produksi jurnalistik online. Total dihasilkan sebanyak 10 portal dengan 2 ribu lebih berita yang dihasilkan. Peluncuran dikemas dalam Communication Journalism Festival (CJ Fest).

Berikut 10 portal karya mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM diantaranya admiralsconservation.com, moreartmoreit.com, musicology.id, yuemkaem.com, geograph.id, foryourplate.id, banyakgerak.com, digiroomtech.com, dan duniahiburan.id. Portal karya mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM diluncurkan di amphitheater Malang Creative Center (MCC) pada Kamis, 20 Juni 2024.

“Praktikum ini menjadi wadah utama mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM berkembang,” kata Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni UMM, Tatag Muttaqin.

Mereka, katanya, bisa menuangkan kreativitas jurnalistik secara langsung. Peluncuran dihadiri perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang, dan sejumlah redaktur media meliputi MemoX, Surya Malang, RRI dan Malang Post.

Jurnalis Surya Malang, Sylvianita Widyawati menjelaskan kerja jurnalistik tak bisa hanya teori, tetapi juga belajar di lapangan. Salah satu contohnya saat menghadapi narasumber. “Praktek langsung seperti ini melatih jurnalis mengenal berbagai macam karakter narasumber,” ujarnya.

Sementara redaktur RRI Malang, Hanum Oktavia memuji karya mahasiswa praktikum jurnalistik online. Media tersegmentasi, para praktikan mampu membuat karya jurnalistik berkualitas. Khusus karya jurnalistik feature, Hanum menilai mahasiswa mampu mengangkat tema yang menarik. “Akan lebih bagus jika para mahasiswa juga memperbanyak berita peristiwa,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang praktikan jurnalistik online Yusran mengaku terkesan dengan praktikum. Mendapat banyak pengalaman dan hal baru, meski beberapa kali menghadapi kesulitan di lapangan. ” Tuntutan meliput setiap minggu. Sehingga saya terlatih dan lebih lancar menulis berita,” ujarnya.

Yusran mengelola portal media segmentasi khusus lingkungan. Sehingga, ia terasah dan lebih peka terhadap isu lingkungan di sekitar.  Lebih banyak belajar mengenai isu lingkungan dan kondisinya di sekitar kita.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang menampilkan portal dan karya jurnalistik yang dihasilkan dalam praktikum produksi jurnalistik online. (Foto UMM)

Dalam rangkaian CJ Fest UMM 2024 menghadirkan dua jurnalis berpengalaman, yakni Ilham Zada dan Yoga Tri Priyanto. Mereka berbagi cerita tentang tantangan dan petualangan dalam dunia jurnalistik. Ilham menekankan pentingnya kemandirian dan keberanian seorang jurnalis dalam liputan.

“Saya pernah mendapat tugas yang tidak terduga dan bagaimana mengatasinya. Sehingga harus berani dan mandiri,” katanya.

Sedangkan, Yoga membahas fenomena masyarakat yang banyak mendapat informasi dari media sosial yang mudah diakses dan cepat. Menurutnya, media sosial bukan produk jurnalistik yang tak bisa dibandingkan produk berita kredibel yang dihasilkan media arus utama.

“Mari lebih bijak menggunakan media sosial. Tidak menjadikan media sosial sebagai rujukan utama mencari informasi,’ ujarnya.

Kaprodi Ilmu Komunikasi UMM sekaligus penanggungjawab Nasrullah berharap 10 portal berita ini mendapat investor.  Sehingga bisa mengembangkan media yang relevan dengan tema portal berita mereka. “Sehingga para praktikan dapat melanjutkan praktikum ini, bahkan bisa mengembangkan media yang dirintis setelah lulus,” katanya.

Launching and Exhibition of News Portal dalam rangkaian (CJ Fest) UMM 2024 diselenggarakan kelompok praktikum management event, Laksana. Berkolaborasi dengan praktikum produksi jurnalistik online.