Lesbumi Serahkan Lukisan Tiga Tokoh NU untuk Wakil Bupati Malang

Pengurus Lesbumi NU Kabupaten Malang menyerahkan lukisan tiga ulama kepada Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto. (Foto : Dok. Lesbumi NU Kabupaten Malang).

Terakota.id-Lembaga Seniman dan Budayawan (Lesbumi) Nahdlatul Ulama Kabupaten Malang menyerahkan lukisan tiga ulama NU Kabupaten Malang kepada Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto. Lukisan karya Edy Supriyanto ini diserahkan Ketua PC Lesbumi Kabupaten Malang KRT Mpu Arum Fanani Notopuro.

Ketiga ulama NU Kabupaten Malang yang dilukis antara lain Kiai Haji Ahmad Dahlan, Kiai Haji Nachrowi Thohir, dan  Kiai Haji Mohammad Said. Mpu Fanani menyerahkan lukisan bersama Lukman Huda, KRT. Yusuf Tanoko dan Edy Supriyanto. “Lukisan ini dibeli Wakil Bupati Malang dalam lelang peringatan Harlah Lesbumi,” kata Edy Supriyanto dalam siaran pers yang diterima Terakota.id.

Lukisan ini sekaligus bagian dari diseminasi tiga ulama NU Kabupaten Malang. Kiai Dahlan merupakan pendiri Syirkatul Amaliyyah yakni koperasi yang turut membantu pembiayaan kebutuhan para pejuang kemerdekaan. Kiai Haji Nachrowi Thohir asal Bungkuk, Singosari merupakan pencetus madrasah pertama di Nusantara. KH Mohammad Said pendiri PPAI Ketapang, Kepanjen dan pejuang kemerdekaan.

Lelang diselenggarakan saat Harlah Lesbumi NU ke 59 pada 28 Maret 2020. Lukisan karya Edy Supriyanto ini dikerjakan bersamaan acara puncak Harlah di Pendapa Agung Kabupaten Malang. Dalam pengerjaan lukisan, katanya, dilakukan dengan melibatakan tokoh NU yang hadir turut menggoreskan cat minyak.

“Mereka tokoh pejuang NU Malang yang berjasa dalam sejarah NU,” katanya. Sementara Yusuf Tanoko menyampaikan Lesbumi memiliki tujuh strategi budaya yang disebut ”Saptawikrama. Lesbumi bertekat menjaga, merawat dan melestarikan seluruh warisan budaya leluhur sebagai kekuatan identitas Nusantara.

Kepada pengurus Lesbumi, Didik Gatot Subroto mengapresiasi dan memfasilitasi Lesbumi untuk berkiprah di Kabupaten Malang. Lesbumi juga diminta berpartisipasi pada Hari Jadi Kabupaten Malang November 2021. “Seniman muda Lesbumi bisa berpartisipasi. Sebagai bagian program pelestarian budaya di tingkatan generasi muda,” kata Didik.

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini