Pasien COVID-19 Isoman dapat Layanan Konsultasi dan Obat Gratis

Ilustrasi : CNBC Indonesia

Terakota.id-Kementerian Kesehatan memastikan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 tanpa bergejala dan bergejala ringan yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah untu mendapat layanan kesehatan. Serta konsultasi kesehatan secara virtual atau telemedicine yang dapat diakses setiap saat.

“Kita bekerjasama dengan 11 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan jasa pengiriman obat secara gratis,” ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers secara daring, Senin 5 Juli 2021. Awalnya fasilitas layanan hanya berlaku untuk wilayah Jakarta.

Saat isoman dalam konsultasi tersebut, dokter bisa mengidentifikasi pasien berdasarkan gejala yang disampaikan pasien. Selanjutnya dilakukan analisis untuk penanganan berdasarkan kondisi pasien. Melalui layanan ini, rumah sakit juga bisa skrining awal pasien dengan gejala sedang atau berat. Termasuk memberi paket obat melalui fasilitas pelayanan farmasi yang ditunjuk Kemenkes.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi (Foto : Setkab)

Paket obat dikirimkan secara gratis. Platform telemedicine ini terintegrasi dengan laboratorium testing PCR. Bagi pasien yang akan melakukan uji PCR bisa dilakukan melalui platform telemedicine yang tersedia. Kesebelas platfor antara lain Alodokter, GetWell, Good Doctor dan GrabHealth, Halodoc, KlikDokter, dan KlinikGo. Kemudian Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok.

“Terima kasih kepada sebelas platform telemedicine. Semua layanan diberikan gratis,” ucap Menkes.

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini