Iklan terakota

Terakota.id—Siapa tak kenal dengan ungkapan “Ambon Manise”. Tidak hanya bagi orang Ambon, ungkapan tersebut juga sangat akrab di telinga kita semua. Ambon juga dikenal sebagai kota musik, karena musik telah mendarah daging menjadi bagian dalam keseharian masyarakat Ambon.

Umumnya masyarakat Ambon dikenalkan dengan musik sejak usia dini, ditanamkan dalam lingkup keluarga hingga gereja. Tidak heran jika ada banyak penyanyi terkenal di Indonesia dan mancanegara berasal dari kota ini. Sebut saja Bob Tutupoly, Glenn Fredly, Ruth Sahanaya, Jopie Latul, Daniel Sahuleka, dan masih banyak lainnya.

Konferensi Musik Indonesia yang pertama dilakukan di Kota Ambon pada tahun 2019. Pada tahun yang sama, UNESCO meresmikan Ambon menjadi Kota Musik Dunia pertama di Indonesia.
Meskipun Ambon-Maluku dikenal berkat kekayaan musiknya, hingga kini tak banyak penelitian substansial tentang musik dari kepulauan ini.

Sejak tahun 2018, Museum Musik Indonesia (MMI) bersama Program Studi Antropologi Universitas Brawijaya melakukan pengkajian musik Ambon melalui lagu dan interpretasi. Hasil kajian tersebut dirampungkan dalam bentuk ensiklopedia yang menyajikan 106 lagu dari 6 buah album koleksi kaset Museum Musik Indonesia.

Lagu-lagu tersebut mengandung 7 tema besar yang lekat dengan siklus hidup orang Ambon, di antaranya: kisah perantauan orang Ambon, hubungan kekerabatan orang Ambon dan pela gandong, keindahan pulau Maluku, Ambon dan dunia maritim, foklor, dansa, dan cinta. Secara keseluruhan tema yang paling menonjol dan sering diangkat dalam lagu adalah tentang perantau dan kerinduannya terhadap kampung halaman.

Tujuan acara ini untuk memperkenalkan buku berjudul “Ensiklopedia Musik Indonesia I: Lagu Ambon dan Maluku”, yang merupakan langkah awal Museum Musik Indonesia dalam mendokumentasikan musik-musik di Indonesia. Karena musik selalu menjadi elemen penting dalam kebudayaan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Ambon-Maluku yang menjadi fokus utama kali ini.

Kedepannya diharapkan akan ada lebih banyak lagi pihak-pihak yang tertarik untuk melakukan pengkajian musik Ambon-Maluku, sebagai tradisi lisan sekaligus pembentuk identitas orang Ambon-Maluku.

Acara launching dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional, Museum Musik Indonesia menggelar Launching Virtual dan Diskusi Buku: Ensiklopedia Musik Indonesia Jilid 1 – Lagu Ambon dan Maluku.

📌 Rabu, 9 Maret 2022 pukul 14.00 WIB/ 16.00 WIT

📍Zoom webinar
Link registrasi: https://bit.ly/EnsiklopediaMusik

Link download buku: https://museummusikindonesia.id/ensiklopedia-musik-indonesia/

Kerjasama Museum Musik Indonesia dengan Ambon Music Office dan Antropologi Budaya Universitas Brawijaya.

Didukung oleh International Centre for the Study of the Preservation and Restoration of Cultural Property (ICCROM) Italy, COLLASIA, dan Cultural Heritage Administration (CHA) Korea.

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini