Konser Amal Indonesia Pulih untuk Penyintas COVID-19

Terakota.idGUSDURian Peduli menggelar konser amal bertajuk “Indonesia Pulih” pada Selasa, 7 September 2021. Bertepatan dengan hari lahir almarhum Kiai Haji (KH) Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Konser bertujuan menghibur masyarakat yang dirundung duka akibat pandemi Covid-19. Sekaligus menggalang donasi untuk mendukung gerakan GUSDURian Peduli yang membantu sesama sejak awal pandemi hingga hari ini.

“Selama pandemi, GUSDURian Peduli membantu sembako untuk warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman),” kata Ketua Umum GUSDURia Peduli, A’ak Abdullah Al-Kudus dalam siaran pers yang diterima Terakota.id.

Selain itu juga bantuan paket sehat untuk tenaga kesehatan, santunan anak yatim/piatu yang orang tuanya meninggal karena Covid-19. Serta bantuan peti mati, bantuan oksigen, hingga bantuan ambulans laut untuk wilayah kepulauan.

Konser yang diinisiasi oleh putri bungsu Gus Dur, Inaya Wahid. Melibatkan sejumlah artis antara lain Dewa Budjana, Trie Utami, Once Mekel, Armand Maulana, Iksan Skuter, Iwenk MJC dan group band Splendid Dialog. Serta tampil dua komika, Sakdiyah Ma’ruf dan Mamat Al-Katiri, juga penyair Hanna Fransisca.

Selain hiburan, juga akan mendapatkan tausiyah kesehatan dari dr. Reisa Broto Asmoro dan tausiyah agama dari Prof. Dr. Quraish Shihab. Ditutup dengan do’a bersama untuk Indonesia Pulih yang dipimpin sahabat dekat mendiang Gus Dur, yakni KH. A. Mustofa Bisri alias Gus Mus.

Konser dipandu Inaya Wahid bersama komika Insan Nur Akbar. Konser bakal dibuka putri sulung Gus Dur sekaligus Koordinator Nasional Jaringan GUSDURian, Alissa Wahid. Selain itu juga akan dilelang lima lukisan Gus Dur yang berjudul “Doa Untuk Indonesia Pulih”. Lukisan karya pelukis Agustinus Eko Nurwidiyanto berbahan dasar Kayu Albasia, ukuran 110 centimeter kali 80 centimeter, dengan teknik lukis bakar tiga dimensi.

“Boleh dibilang, Pak Eko adalah satu-satunya pelukis yang menggunakan teknik ini,” kata Aak. Lukisan menjadi lebih istimewa, lantaran dilengkapi sertifikat lukisan yang ditandatangani istri almarhum Gus Dur, Ibu Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid.

Lelang lukisan ini dibuka seharga Rp 5 juta. Bagi peminat silakan mengikuti lelang dengan menghubungi Yuska Harimurti di nomor 081331789006.

Selain hiburan, dalam konser ini juga akan dilaksanakan peluncuran platform pedulianakyatim.id oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Platform ini merupakan inisiatif GUSDURian Peduli untuk memberikan bantuan bagi anak yatim/piatu.

A’ak Abdullah Al-Kudus menjelaskan platform ini dibuat agar GUSDURian Peduli bisa memberikan bantuan dalam jangka panjang untuk anak yatim/piatu. Jumlah anak yatim/ piatu melonjak tinggi akibat pandemi Covid-19. Catatan Kawal Covid-19, jumlah anak yatim akibat pandemi hingga bulan Juli 2021 mencapai 50.000 anak.

Dalam platform pedulianakyatim.id ini, orang baik dapat berdonasi langsung ataupun menjadi orangtua asuh. Sedangkan anak yatim/piatu dapat mengakses bantuan tunai dan bantuan pendidikan. Selain itu, anak yatim/piatu juga bisa mendapatkan layanan konsultasi hukum dan layanan konseling dari tenaga profesional.

Konser digelar secara virtual mulai pukul 19.30 – 21.30 WIB pada 7 September 2021. Disiarkan langsung oleh TV9 Nusantara, Kompas TV dan live streaming dari youtube GUSDURian Peduli TV, TVNU serta Fanpages KH. Abdurrahman Wahid.

Bagi orang baik yang ingin berdonasi di acara ini bisa langsung transfer ke BCA Cabang Kaliurang, 8610603999 an. Yayasan Jaringan Gusdurian Peduli. Tambahkan angka “07” di akhir nominal. Contoh, Rp. 700.007,-.

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini