Konser Amal Bolo Dewe, Tak Sekadar Reuni

Penampilan Filastine adn Nova Ruth memukau penonton konser bolo dewe di Museum Panji, Tumpang. (Terakota/Muklis Abadi).

Reporter : Muklis Abadi

Terakota.id–Lampu sorot menerangi Nova Ruth yang tengah membaca puisi di Museum Panji, Desa Slamet, Tumpang, Kabupaten Malang. Berlatar belakang bangunan Jawa kuno, Nova Ruth berpuisi diiringi teatrikal dan alunan gamelan. Kesunyian malam seolah menyatu dalam aksi teatrikal.

Puisi Nova Ruth menyindir keras kehidupan manusia modern yang semakin hari semakin menjauh dari nilai luhur yang diwariskan leluhur.  Nova merupakan alumni Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN 5) Kota Malang. Ia merupakan vokalis  Filastine and Nova, saat tampil dikenal sering “menyusupkan” falsafah Jawa dalam setiap karyanya.

Penampilan Nova Rtyh merupakan pembuka sebuah pertunjukan “Konser Amal Bolodewe” yang diselenggarakan Forum Komunikasi Alumni SMPN 5 Malang (FOKAS 5 MALANG). Konser merupakan bagian upaya menggalang dana untuk membantu alumni untuk merintis usaha. “Dana yang terkumpul digunakan untuk amal,” kata Ketua Panitia Pelaksana Ida Suwiharti.

Museum bernilai artistik tinggi, bangunan khas jawa kuno dilengkapi ornament klasik. Ditambah penerangan berupa obor botol mengelilingi seluruh area Museum Panji. Usai penampilan Nova Ruth, penampilan penari siswa SMPN 3 Malang membetot perhatian penonton.Penari belia, menunjukkan performa maksimal.

Band beraliran psychedelic/experimental Monohero tampul bareng seniman mural. Band beranggotakan 3 orang ini selama pertunjukan dibarengi aksi mural secara spontan di atas bentangan kain putih. Seniman mural menorehkan garis per garis dalam bentangan spanduk putih.

Monohero tampil bareng seniman mural dalam konser Bolo Dewe di Museum Panji. (Terakota/Muklis Abadi).

Sedangkan penonton larut dalam lantunan musik yang seakan-akan mengajaknya menembus sekat imajinasi menuju ruang tak terhingga. Khas music psychedelic. Komposer Monohero, Wafi mengaku menikmati pertunjukan di atas panggung yang artistik. “Suasana Museum Panji yang eksotik turut mendukung musisi dalam menyampaikan pesan yang termuat dalam tiap karya,” ujarnya.

Konser ditutup penampilan Filastien dan Nova Ruth, duo  Nova Ruth bersama suaminya Grey Filastine, seorang produser musik asal Barcelona, Spanyol. Setiap proyek music mereka memadukan beberapa genre musik mulai dari electronic, eksperimental, akustik, hingga pop.

Nova mengenakan kostum pramugari, sedangkan Filastine mengenakan seragam pilot. Kostum pertunjukan ini merupakan representasi dari isi musik mereka yang mengungkapkan kehidupan manusia di tempat-tempat terpencil. Album terbaru Filastine Drapetomania, direkam dari beragam tempat yang tampak terisolasi dari dunia luar.

Pertunjukan juga menampilkan video beragam  tempat terpencil di seluruh dunia, sehingga mendukung untuk menyampaikan pesan dalam lagu mereka. Pengujung performa Filastine and Nova Ruth, salah seorang legenda gitaris Indonesia Toto Tewel turut berkolaborasi. Toto yang merupakan ayah Nova Ruth turut memukai penonton.

Keduanya merupakan alumni SMPN 5 Malang.  FOKAS 5 Malang merupakan wadah alumni betujuan untuk silaturahmi antar alumni. Mencakup puluhan generasi mulai alumni 1972 hingga 2005. FOKAS 5 Malang ini menghimpun para alumni untuk bekerja bersama mengorganisir even dan aksi sosial yang nyata. Sehingga lebih bernilai tak sekadar reuni biasa.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini