Komunitas Sastra Adakan Malam Chairil Anwar di Malang

Acara ini akan berlangsung Sabtu, 28 April 2018, Pukul 19:00 - lekas pudar. Bertempat di Ruang 2.0, UMM Inn Hotel, Jl. Raya Sengkaling No. 01, Mulyoagung, Malang

Poster Acara "Malam Chairil Anwar" dalam rangka memperingati wafatnya penyair Chairil Anwar.

Terakota.id–Salam puisi! Chairil Anwar lahir dan hadir sebagai binatang jalang yang tak bisa dirayu, yang ingin bebas dari segala, yang berani menemui malam. Hidupnya singkat. Ia meninggal di usia yang masih sangat muda, sekitar 27 tahun. Meski begitu, nama Chairil Anwar tercetak abadi dalam khazanah sastra Indonesia. Karya Si Penyair telah berhasil melampaui sekat dan batas ruang- waktu. Dan Bulan ini Chairil Anwar akan kami “hadirkan” di Malang.

Malam Chairil merupakan sebuah upaya untuk mengenang Chairil, memperingati Chairil, serta memperkenalkan Chairil. “Baik, baik aku akan menghadap Dia. Menyerahkan diri dan segala dosa,” tulisnya dalam dua larik pembuka dalam puisinya berjudul Kepada Peminta-minta (Juni, 1943). Chairil kini telah tiada, namun kehendaknya untuk hidup 1000 tahun lagi tetap dapat kita rasakan melalui teks-teks puisinya maupun fragmen-fragmen semangat juangnya di masa lalu.

Sebuah komunitas sastra di Malang, Pelangi Sastra Malang (@pelangisastra) menginisiasi acara ini. Ia bersama komunitas lainnya dengan berbahagia mempersembahkan sebuah kerja-kolaboratif kepada rekan-rekan sekalian yang hendak menutup bulan April dengan perayaan puisi; perayaan Chairil.

Alur acara “Malam Chairil” yang akan diisi orasi budaya, musikalisasi puisi, pementasan teater, dan sebagainya.,

Adapun rangkaian acara di Malam Chairil, yaitu: Orasi Chairil Anwar & Doa, Pembacaan Prosa Chairil Anwar, Pembacaan Surat HB. Jassin, Performing Art Chairil Anwar, Penampil Musik & Puisi Chairil Anwar, Pembacaan Puisi Chairil Anwar, Pameran Visual Kolektif Chairil Anwar, dan akan dimeriahkan juga dengan hadirnya Lapak Buku Indie & Reguler.

Acara ini akan berlangsung Sabtu, 28 April 2018, Pukul 19:00 – lekas pudar. Bertempat di Ruang 2.0, UMM Inn Hotel, Jl. Raya Sengkaling No. 01, Mulyoagung, Malang (@ruang.workspace).

Untuk rekan-rekan yang hendak berpartisipasi dalam acara Malam Chairil dengan membacakan puisi Chairil Anwar atau merespon Chairil dengan membacakan karya sendiri, bisa mendaftarkan nama melalui whatsapp 0816 1702 5237 (@istie_hasan) atau mendaftar langsung pada saat acara melalui MC.

Sebagai kerja kolaboratif, Pelangi Sastra menggandeng beberapa komunitas dan media online di Malang. Terakota.id (ig. @terakotaid) salah satunya, sebuah media online yang fokus pada sejarah, seni-budaya, sastra dan wisata. Sedang komunitas dan media online lainnya diantaranya: Komunitas Kalimetro (@kalimetrongalam), Srawung Media (@srawungmedia), Griya Buku Pelangi (@griyabukupelangi), Teater Komunitas (@teaterkomunitas), Telas Ria (@telasria_official), Akar Acoustic (@akaracoustic), Gubuk Tulis (@gubuktulis) , dan Kelas Puisi (@kelaspuisi).

Anda ingin berpartisipasi: hadir, mendukung, atau baca puisi bisa menghubungi narahubung acara di 0823 4859 2030 (@dandyeah).

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini