Hotel Tugu Tempat Menginap Sejumlah Presiden RI

koleksi-barang-seni-tersumpan-di-hotel-tempat-menginap-sejumlah-presiden-ri
‘Dine Anywhere You Desire’ tamu bisa memilih bersantap di mana saja. Termasuk atmosfir di gurun sahara ini. (Foto : dok Hotel Tugu Malang).

Terakota.id–Hotel Tugu Malang menjadi langganan sejumlah Presiden Indonesia. Antara lain Kiai Haji Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo. Mereka menginap dan bersantap di Hotel Tugu Malang saat kunjungan atau kedinasan di wilayah Malang dan sekitarnya.

Kehadiran Hotel Tugu Malang pada 10 Juli 1990 menandai tetenger di lingkungan jantung Kota Malang. Tepat 30 tahun lalu, diperingati sebagai lahirnya hotel yang dibangun dan dirancang Anhar Setjadibrata. Seorang kolektor barang seni dan antik. Hotel Tugu dibangun untuk merealisasi mimpi melestarikan budaya dan seni Indonesia.

Anhar mengoleksi barang antik sejak remaja. Koleksi barang antik bertambah sejak bekerja di sebuah perusahaan farmasi, sehingga harus keluar masuk pelosok daerah di Nusantara. Ternyata, saat itu banyak barang seni peninggalan leluhur yang melupakan benda seni, terbengkalaui dan tak mendapat perhatian. Anhar membeli dan memelihara barang seni tersebut.

‘Memperingati anniversary tahun ini, kami mengenang perjalanan panjang yang  kami lalui dalam membawa nama Jawa Timur dan Indonesia ke panggung dunia melalui luxury travel dengan unsur budaya Indonesia yang kental,” kata Managing Director Tugu Hotels & Restaurants, Lucienne Anhar kepada jurnalis di Malang.

Setiap wajah tamu yang berkunjung, katanya, sarat dengan kebahagiaan dan kekaguman atas seni dan sejarah yang tersimpan di Hotel Tugu. Meliputi tamu domestic maupun manca negara. Mereka menikmati dan menyukai keindahan dan keunikan budaya Indonesia melalui barang seni dan pengalaman otentik yang tiada duanya.

Terutama ‘the people’, ujar Lucienne, yakni tamu dan keluarga besar Tugu menebar senyum, gelak tawa  yang membawakan kehangatan dan kebahagiaan sepanjang hari. Menurutnya, kebaikan hati yang tulus dari dalam jiwa menyentuh hati.

Kelahiran Hotel Tugu Malang menjadi awal berdirinya grup Tugu yakni Hotel Tugu Malang, Hotel Tugu Blitar, Hotel Tugu Bali, dan Hotel Tugu Lombok. Serta lima restoran di Jakarta yakni Dapur Babah Elite & Tao Bar, Lara Djonggrang & La Bihzad Bar, Tugu Kunstkring Paleis, Shanghai Blue 1920, dan Kawisari Café & Eatery.

koleksi-barang-seni-tersumpan-di-hotel-tempat-menginap-sejumlah-presiden-ri
Suasana kamar di Hotel Tugu dihiasi koleksi barang seni koleksi pemilik hote, (Foto : dok Hotel Tugu Malang).

Saat masa pandemi Covid-19, katanya, ia diingatkan atas besarnya cinta yang dimiliki untuk Indonesia. “Tempat kami dilahirkan, tanah air yang melimpahkan begitu banyak anugerah terhadap kita, budaya, seni, dan sejarah yang membuat kami bangga keunikan kepulauan Indonesia,’ ujar Lucienne Anhar.

Hotel Tugu Malang turut menghadirkan inovasi termasuk mengikuti anjuran pemerintah fase New Normal’, Standar kebersihan ketat diterapkan sesuai dengan anjuran organisasi kesehatan dunia (WHO).Seluruh kamar dibersihkan secara berkala dan disemprot dengan disinfektan, serta disterilkan selama 24 jam sebelum bisa ditempati tamu. Kamar juga diatur berjarak satu sama lain sejalan dengan pengurangan kapasitas hotel.

Untuk bersantap, Hotel Tugu Malang memperkenalkan konsep ‘Dine Anywhere You Desire’ yakni memberikan keleluasaan tamu memilih lokasi bersantap di sudut hotel mana pun. Tamu akan mendapatkan privasi yang nyaman, tanpa interaksi dengan tamu lainnya. Tamu juga dapat memilih lebih dari 200 pilihan menu, mulai dari pilihan makanan Indonesia, Thailand, Vietnam, juga menu internasional.

Tempat makan telah meningkatkan frekuensi sanitasi dan mengurangi kapasitasnya untuk memungkinkan berjarak hingga 5 meter di antara meja. Sesuai regulasi pemerintah dalam fase ‘New Normal’ diberlakukan bagi tamu maupun staf hotel; untuk mengurangi titik sentuhan. Dengan menata meja hanya pada saat tamu sudah datang dan penggunaan menu QR code.

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini