Kisah Mahasiswa UMM Asal Mesir, Empat Kali Lebaran di Indonesia

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) asal Mesir, Rania Hamdi Ramadan Elsayed Mohammed Elsaba merayakan di Indonesia. (Foto: UMM).
Iklan terakota

Terakota.IDEmpat kali lebaran mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) asal Mesir, Rania Hamdi Ramadan Elsayed Mohammed Elsaba merayakannya di Indonesia. Merayakan lebaran di negeri orang, jauh dari keluarga.

“Sejujurnya jauh dari keluarga tidak mudah. Namun beruntung, saya berada di negara mayoritas muslim seperti Indonesia,” katanya dalam siaran pers yang diterima Terakota.ID.

Sehingga, ia bisa merasakan kegembiraan merayakan lebaran bersama umat muslim lain. Meskipun, sedikit berbeda dibandingkan di Mesir. Apalagi sebagian temannya pulang ke kampung halaman, sehingga terasa sepi.

Empat tahun berturut-turut merayakan lebaran di Indonesia, ia menikmati memakan bakso khas Malang saat lebaran. Bakso menjadi menu favorit saat lebaran. “Makan bakso Malang, seakan mengobati suasana hati yang sedih,” katanya.

Ia mengaku menyukai berlebaran bersama teman-teman dekat yang juga mahasiswa asing. Memiliki kerinduan yang sama untuk berkumpul keluarga semakin mendekatkan mereka. Biasanya, kata Rania, usai salat Idul Fitri, mereka berkumpul, memasak bersama, makan bersama dilanjutkan menonton film.

Rania juga mengaku bahagia merayakan Idul Fitri di Indonesia. Lantaran sikap orang Indonesia yang ramah dan murah senyum. Bahkan beberapa kali ia menerima bingkisan makanan dari warga setempat untuk dinikmati bersama teman-temannya.

“Orang Indonesia itu ramah sekali,” katanya. Senyuman mereka, katanya, terasa damai dan menenangkan.

“Alhamdulillah meski jauh dari keluarga, saya dikeliling oleh teman-teman dan masyarakat yang ramah,” kata Rania.

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini