Ketahui Perkiraan Harga Vaksin Corona di Indonesia

Ilustrasi. (Foto : Terasmaluku.com)

Terakota.id–Gelombang penyebaran virus corona di Indonesia nampaknya masih belum akan berakhir. Kondisi ini diperkuat dengan jumlah pasien terinfeksi terus mengalami peningkatan. Tentu jika kondisi terus dibiarkan dan masyarakat abai dengan protokol kesehatan maka tidak menutup kemungkinan penyebaran virus corona akan terus berlanjut. Namun, ada kabar menggembirakan jika sudah ada vaksin Covid-19 yang sudah sampai di Indonesia. Perlu diketahui jika ada enam kandidat vaksin yang akan digunakan di Indonesia, seperti vaksin Pfizer, Moderna, Sinovac, AstraZeneca, dan PT Bio Farma (Persero). Lalu, berapa harga vaksin-vaksin tersebut?

Perkiraan Harga Vaksin Corona di Indonesia

Ilustrasi. (Foto : Outlookindia.com)

Selama masa pandemi ini banyak ilmuwan yang berusaha keras untuk menemukan vaksin Covid-19. Kehadiran vaksin sangat ditunggu-tunggu karena dipercaya bisa menghentikan penyebaran virus Covid-19. Hingga saat ini sudah ada 10 vaksin Covid-19 yang sudah memasuki uji klinis tahap ketiga. Jika uji klinis ketiga sudah dilakukan dan sudah disetujui maka vaksin bisa digunakan untuk vaksinasi. 

Beberapa negara di dunia termasuk Indonesia sudah mengumumkan secara resmi mengenai vaksin apa yang akan digunakan. Salah satu jenis vaksin yang akan digunakan berada di bawah otoritas penggunaan darurat (UEA). Berikut 5 vaksin Covid-19 beserta kisaran harganya di Indonesia.

  1. Vaksin Pfizer

Vaksin Pfizer menjadi vaksin Covid-19 yang telah resmi disetujui untuk digunakan oleh masyarakat dunia. BPOM AS secara resmi sudah memberikan izin penggunaan darurat vaksin ini bagi masyarakat berusia 16 tahun ke atas. Inggris dan Bahrain juga sudah memberikan persetujuan terhadap vaksin Pfizer. Dikutip dari Forbes, vaksin ini diperkirakan dihargai sebesar US$19,50 atau Rp 276.050 per dosis.

  1. Vaksin Moderna 

Vaksin Moderna menjadi vaksin Covid-19 yang sudah mencapai uji klinis tahap ketiga. Pihak Moderna Menegaskan jika akan  memproduksi 20 juta dosis vaksin di AS pada akhir 2020. Sedangkan Institut Kesehatan Nasional AS berencana akan menyediakan 100 hingga 125 dosis pada kuartal pertama 2021. Dikutip dari Forbes, vaksin Moderna akan dijual dengan harga US$ 50 atau Rp 707.822 per dosis.

  1. Vaksin Sinopharm 

Vaksin Covid-19 satu ini dikembangkan oleh perusahaan Sinopharm dari China. Vaksin Sinopharm masuk kedalam kandidat vaksin yang akan digunakan di Indonesia. Pada bulan September lalu otoritas penggunaan darurat oleh Uni Emirat Arab. Dikutip dari Fierce Pharma, vaksin Sinopharm akan dijual dengan harga US$ 145 ( Rp 2.052.685) untuk dua dosis.

  1. Vaksin Sinovac 

Sama seperti vaksin Sinopharm, vaksin Sinovac juga dikembangkan oleh perusahaan dari China. Vaksin ini sepertinya menjadi kandidat kuat sebagai vaksin yang akan digunakan di Indonesia. Vaksin Sinovac juga sudah mencapai fase uji klinis tahap ketiga. Dikutip dari Financial Times, vaksin Sinovac akan dijual dengan harga US$ 60 atau Rp 849.387 untuk dua kali suntikan.

  1. Vaksin AstraZeneca 

Vaksin AstraZeneca dikembangkan bersama dengan Oxford University. Vaksin ini juga telah menyelesaikan uji klinis tahap ketiga. Hasil dari uji klinis tahap tiga sudah diumumkan dan mereka mengklaim bahwa vaksin yang dikembangkan aman dan efektif untuk mencegah gejala Covid-19. Selain itu, juga melindungi tubuh dari penyakit parah dan rawat inap. Dikutip dari Observer, vaksin AstraZeneca dijual dengan harga US$ 4 atau Rp 56.625 per dosis. 

Kelima vaksin Covid-19 menjadi kandidat vaksin yang akan digunakan di Indonesia. Beberapa waktu yang lalu Presiden Jokowi menegaskan jika vaksin Covid-19 akan diberikan kepada masyarakat secara gratis. Informasi lengkap mengenai perkembangan vaksin dari virus corona ini bisa Anda cari tahu melalui  aplikasi Halodoc. Selain itu, berbagai informasi kesehatan dan juga gaya hidup sehat juga bisa Anda temukan melalui aplikasi ini. 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini