Kelebihan Menjalankan Bisnis PPOB Online

Iklan terakota

Terakota.ID–Bisnis PPOB (Payment Point Online Bank) online adalah layanan khusus untuk membantu masyarakat dalam melakukan pembayaran menggunakan sistem perbankan. Saat ini, bisnis PPOB merupakan salah satu jenis usaha yang banyak diminati. Selain mudah menjalankannya, jenis bisnis ini juga menawarkan pendapatan yang cukup menggiurkan. Anda juga tidak perlu menyediakan modal besar untuk memulai bisnis ini. Bisnis PPOB online juga bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan utama atau usaha sampingan.

Sebelum memulai bisnis ini, terlebih dahulu Anda harus tahu mana saja provider dengan kredibilitas bagus. Provider yang kredibel tentunya mempunyai layanan PPOB terbaik. Hal ini bisa terlihat dari usia provider, kesuksesan member sebelumnya, kualitas PPOB, dan fasilitas yang ditawarkan. Selain itu, yang paling utama adalah provider menyediakan layanan pembayaran yang lengkap, seperti tagihan listrik pasca bayar, pembelian token listrik, pulsa, paket internet, tagihan kartu kredit, dan lain sebagainya.

Apa Saja Kelebihan Bisnis PPOB?

Meskipun termasuk bisnis yang mudah dan tidak butuh modal besar, bukan berarti Anda tidak mendapatkan banyak keuntungan dalam menjalani bisnis ini. Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis PPOB, diantaranya:

1.   Komisi yang Menguntungkan

Komisi yang Anda dapatkan setiap transaksi memang tidak terlalu besar, namun jika Anda mempunyai banyak pelanggan, maka jumlah komisi yang didapat akan semakin besar pula. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan strategi pemasaran yang tepat agar banyak orang yang tahu dengan usaha Anda.

Selain itu, pastikan setiap pelanggan yang datang mendapatkan pelayanan yang memuaskan, sehingga nantinya mereka bisa kembali lagi.

Setiap produk yang Anda tawarkan mempunyai besaran komisi yang berbeda. Mulai dari Rp750 hingga Rp10.000 per transaksi. Semakin banyak produk yang Anda miliki tentunya semakin besar peluang Anda mendapatkan komisi.

2.   Pangsa Pasar yang Luas

Peluang Anda untuk mendapatkan komisi yang besar dari bisnis ini semakin besar, lantaran pangsa pasarnya yang cukup besar. Bisnis PPOB mempunyai target konsumen yang sangat luas dan jelas, misalnya masyarakat yang menggunakan listrik, pengguna ponsel yang butuh paket data dan pulsa, masyarakat yang menggunakan jasa pembiayaan, dan masih banyak lagi. Mereka semua adalah target konsumen Anda.

3.   Membantu Masyarakat

Selain mendapatkan keuntungan secara finansial, bisnis PPOB juga dapat membantu masyarakat dalam melakukan pembayaran tagihan. Kehadiran bisnis ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal jauh dari loket pembayaran resmi. Selain itu, bisnis ini juga dapat membantu masyarakat yang tidak bisa melakukan transaksi online. Selain menguntungkan bagi pemilik, kehadiran bisnis PPOB juga berdampak baik bagi masyarakat.

4.   Bayar Tagihan Online jadi Lebih Mudah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kehadiran loket PPOB akan memudahkan masyarakat melakukan pembayaran secara online. Bagi masyarakat tidak menggunakan internet dan belum paham dengan transaksi online, khususnya mereka yang berada di daerah pedesaan, hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi mereka. Berbagai jenis pembayaran bisa dengan mudah mereka lakukan melalui loket PPOB.

5.   Hemat Waktu dan Biaya Transportasi

Sebagian besar loket PPOB berlokasi di kawasan pemukiman. Beberapa bahkan ada yang menggunakan rumahnya sebagai loket pembayaran. Hal ini tentu sangat membantu masyarakat dari sisi waktu dan biaya transportasi. Mereka tidak harus berkendara jauh dan menghabiskan banyak waktu untuk membayar tagihan.

6.   Bebas dari Antrean di Loket Pembayaran

Sudah bukan hal baru jika masyarakat sering antre panjang saat membayar tagihan listrik dan PDAM di loket pembayaran resmi. Hal ini tentu akan menghabiskan waktu. Kehadiran loket PPOB membuat masyarakat tidak perlu lagi antre panjang untuk membayar tagihan.

7.   Tersedia Banyak Pilihan Pembayaran

Seperti pembahasan di awal, bisnis PPOB menyediakan banyak pilihan pembayaran, mulai dari tagihan listrik, token listrik, tagihan PDAM, pembelian pulsa, pembelian tiket pesawat, transfer bank, dan lain sebagainya. Masyarakat bisa melakukan semua pembayaran tersebut melalui satu loket PPOB.

Intinya, bisnis PPOB sangat menguntungkan bagi pemilik usaha dan pelanggan. Pemilik usaha akan mendapatkan keuntungan secara finansial, sementara masyarakat terbantu dalam hal kemudahan pembayaran tagihan.

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis PPOB online, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan:

Tips Memulai Bisnis PPOB Online

1.   Cari Vendor atau Provider yang Kredibel

Saat ini ada banyak vendor PPOB online yang beredar di pasaran. Secara umum, produk dan fitur yang ditawarkan hampir sama, namun beberapa vendor ada yang memberikan kemudahan dan promo menarik untuk para mitra, salah satunya PPOB online dari Bukalapak. Bukalapak merupakan salah satu vendor PPOB kredibel yang memberikan banyak keuntungan bagi para mitra.

2.   Siapkan Modal Awal

Setiap aplikasi PPOB biasanya membutuhkan komputer atau smartphone dengan spesifikasi tertentu. Selain itu, untuk menjalani bisnis ini juga membutuhkan jaringan internet yang baik. Jangan sampai operasional bisnis Anda terganggu hanya karena jaringan internet bermasalah. Selanjutnya, Anda deposit sejumlah dana untuk memulai operasional bisnis.

3.   Merancang Strategi Marketing

Setelah bisnis PPOB Anda beroperasi, langkah selanjutnya yang harus dipikirkan adalah strategi marketing. Meskipun pangsa pasar bisnis ini luas dan jelas, Anda tetap harus melakukan promosi atau marketing untuk menarik perhatian masyarakat menggunakan jasa Anda. Langkah promosi paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah mengajak keluarga atau orang-orang terdekat, seperti tetangga dan rekan kerja.

 

Itulah beberapa  kelebihan serta tips memulai bisnis PPOB online. Semoga isi artikel ini membantu, ya!