Ke Bogor? Jangan Lupa Icip-icip di 8 Wisata Kuliner Ini!

Dari Roofpark Cafe Puncak, Anda bisa menikmati pemandangan indah di Puncak secara maksimal. (Foto : Roofpark Puncak/ Facebook).

Terakota.id–Siapa sih yang tidak kenal Kota Bogor? Kota yang penuh daya tarik ini memang sering jadi pilihan wisata menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alamnya hingga pilihan kuliner yang menggoyang lidah.

Ngomong-ngomong soal kuliner Bogor, sudahkah Anda mencicipi semua makanan khas Bogor? Jika belum, Anda wajib melakukannya.

Berikut ini ada beberapa kuliner kota Bogor yang wajib Anda cicipi. Jika Anda berencana ke Bogor, atau sedang berada di sekitar Bogor, boleh lah langsung menuju tempat wisata kuliner berikut ini.

  1. Martabak Encek

Martabak Encek merupakan makanan khas Kota Bogor pertama yang disarankan untuk dicicip. Hal ini tentu saja demikian karena Martabak Encek sangat populer. Tak heran jika saat membelinya, Anda harus mengantri.

Apa yang membedakannya dari martabak lain? Ini ternyata ada pada proses memasaknya. Martabak Encek tidak menggunakan kompor biasa, melainkan masih menggunakan arang. Karenanya cita rasa dari martabaknya sangat unik dan berbeda.

Martabak Encek bisa Anda dapatkan di Jalan Suryakencana No. 289. Harganya relatif terjangkau, yakni mulai dari Rp40.000 hingga Rp55.000.

  1. Restoran Gurih 7

Restoran Gurih 7 menyediakan beragam masakan khas Sunda. (Foto : Devi Putri/ Facebook).

Saat melewati Jalan Raya Pajajaran, Anda harus mampir ke restoran yang satu ini. Namanya Restoran Gurih 7; sebuah restoran yang menyajikan makanan-makanan khas Sunda.

Tak hanya makanannya saja yang enak, suasana restorannya juga sangat asyik. Ya, Anda makan di tempat yang bagian bawahnya berupa kolam. Suasana pedesaan juga sangat kental dirasakan di Restoran Gurih 7 ini.

  1. Pizza Kayu Bakar

Pizza kayu bakar diolah secara khas menggunakan kayu bakar. (Foto : Mahyudin Mahyudin/ Facebook).

Pizza memang merupakan makanan khas Italia. Akan tetapi di Bogor, Anda akan menemukan pizza yang sangat unik. Namanya Pizza Kayu Bakar. Dan seperti namanya, pizza ini dimasak dengan menggunakan kayu bakar. Jadi cita rasa pizza ini sangatlah berbeda dari pizza modern.

Pizza Kayu Bakar bisa Anda dapatkan di Jalan Mega Mendung No.1 dengan harga yang mulai dari Rp60.000,-. Walau pun harus mengantre, Anda tak perlu kecewa. Kenikmatan yang ditawarkan pizza ini worth it dengan pengorbanan yang Anda lakukan.

  1. Sop Buah Pak Ewok

Suasana Bogor yang sejuk akan semakin asyik jika di siang harinya Anda menyantap sop buah. Nah sop buah yang terkenal itu bernama Sop Buah Pak Ewok. Dengan harga yang relatif terjangkau, yaitu dimulai dari harga Rp15.000,-, Anda sudah bisa mencicipi kenikmatan dan kesegarannya.

Jangan salah, Sop Buah Pak Ewok konon sudah ada sejak tahun 80-an, lho. Jadinya wajar jika dia sangat terkenal.

  1. Roofpark Café

Menikmati puncak akan semakin berwarna dengan berkunjung ke Roofpark Cafe Puncak . (Foto : Roofpark Puncak/ Facebook).

Bogor terkenal dengan puncaknya. Hal ini secara tidak langsung menggambarkan bahwa Bogor memiliki tempat dengan kontur tanah yang tinggi. Nah tempat berikutnya yang harus Anda datangi saat di Bogor bisa membuat Anda menikmati pemandangan Kota Bogor secara maksimal. Namanya Roofpark Café.

Dari Roofpark Café, Anda bisa menikmati indahnya suasana dan pemandangan Kota Bogor dari ketinggian. Ditambah dengan aneka sajian makanan yang enak, jadilah momen ini menjadi tak terlupakan.

  1. Lumpia Basah Suryakencana

Lumpia basah Suryakencana khas Bogor ini legendaris. Sejak 1972. (Foto : Aneka Street Food/ Facebook).

Lumpia Basah yang satu ini berbeda dengan lumpia dari Kota Semarang. Baik dari segi bentuk atau pun rasanya. Lumpia ini bentuknya basah. Terbuat dari olahan bengkoang, tauge, dan juga telur. Rasanya unik dan sangat enak. Pas disantap selagi panas dan pedas.

Lumpia basah Bogor ini sangat legendaris. Dia sudah ada sejak tahun 1972. Dengan hanya Rp13.000 saja, Anda sudah bisa mencicipi kenikmatan lumpiah basah Jalan Suryakencana No.89 ini.

  1. Boogie Dessert House

Boogie Dessert House menyediakan beragam makanan penutup yang lezat. (Foto : . Boogie Dessert House/ Facebook).

Yang nyari beraneka macam kue-kue makanan penutup bisa mampir ke Boogie Dessert House, di jalan Pajajaran Indah No.78 K. Di tempat ini Anda akan menemukan puluhan bahkan ratusan jenis makanan penutup yang lezat. Toast series, kemudian juga cheesecake series, lalu coconut es teler, serta rame ice series merupakan contoh makanan penutup yang populer di tempat ini.

Saat belanja aneka dessert yang ada, jangan lupa juga untuk jajan makanan lainnya. Ada aneka sajian mie, kemudian mie ayam bumbu rujak, lalu bakso bumbu rujak, dan yang lainnya.

  1. Soto Kuning Pak Yusuf

Soto Kuning Pak Yusuf menjadi buruan pecinta kuliner legendaris sejak 1977. (Foto : Kulinerpedia/ Facebook).

Kuliner Bogor sangat beragam. Dari yang manis, asin, hingga yang pedas. Semuanya kebanyakan legendaris. Termasuk Soto Kuning Pak Yusuf. Dia sudah ada di Bogor sejak tahun 1977. Karena enak dan legendarisnya itu, Anda harus mengantri saat membelinya. Dagingnya yang melimpah membuat soto yang sajiannya dalam bentuk kaki lima ini selalu diburu orang-orang saat ke Bogor.

Soto Kuning Pak Yusuf sendiri bisa Anda dapatkan di Jalan Suryakencana No.103.

Itu dia 8 tempat wisata kuliner yang ada di Bogor. Masih banyak sebenarnya tempat lain yang tak kalah menjanjikannya dengan yang disebutkan. Sarannya, datanglah ke Bogor dalam waktu yang tak hanya sehari. Biar Anda bisa puas menikmati semua tempat wisata kulinernya.

Berencana main ke Bogor atau kota di sekitar Bogor dalam waktu dekat? Ayo cari tiket pesawat murah di Traveloka sekarang juga. Siapa tahu, Anda bisa dapat tiket murahnya dalam waktu yang pas.

Jika Anda melakukan penerbangannya ke Jakarta lalu baru lanjut ke Bogor, Anda tak perlu bingung dengan transportasi dari bandara menuju pusat kota. Ada kereta bandara yang bisa Anda gunakan. Praktis dan nyaman. Anda bisa berhenti di Stasiun BNI City lalu pindah peron dan naik KRL yang langsung menuju Stasiun Bogor.

Pastikan Anda tidak lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Agar momen jalan-jalan di kota Bogor dan wisata kulinernya bisa lancar dan juga menyenangkan.

 

Tinggalkan Komentar

Silakan tulis komentar anda
Silakan tulis nama anda di sini